Terima Kunjungan RMIT University Australia, FKM UI Jajaki Kerjasama Pengajaran dan Riset

Senin, 29 Agustus 2022, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menerima kunjungan dari School of Science RMIT University Australia yang diwakili oleh Associate Prof. Asgar Farahnaky. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menjajaki kemungkinan kerja sama pengajaran (credit arrangement) dan penelitian di bidang food science and technology. Pertemuan diadakan secara luring di Gedung A Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI dan dihadiri oleh Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri K. Sudaryo, MS., D.Sc.; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc.; Manajer Kerja Sama, Hubungan Alumni dan Ventura, Indri Hapsari Susilowati, S.K.M., M.K.K.K., Ph.D.; Manajer Riset dan Pengabdian pada Masyarakat, Doni Hikmat Ramdhan, S.KM., MKKK., Ph.D.; Ketua dan Sekretaris Departemen Gizi, Ketua dan Sekretaris Departemen Kesehatan Lingkungan, serta beberapa stakeholder lainnya.

Dekan dan jajaran menyambut hangat peluang ini, ”Pertemuan ini adalah sebuah momen yang baik bagi kita untuk mendiskusikan hal-hal apa saja yang bisa kita capai bersama dalam bidang food and nutrition,” sambut Prof. Mondastri. Prof. Asgar Farahnaky memaparkan presentasi singkat terkait RMIT University, khususnya yang berkaitan dengan food science and technology. RMIT University sendiri sudah memiliki penelitian dan teknologi yang mumpuni dalam bidang makanan. “Nutrisi dan makanan tidak bisa dipisahkan dari kesehatan. RMIT University dan FKM UI bisa berkolaborasi dalam hal ini,” ujar Prof. Asgar di akhir presentasinya.

Lebih lanjut, Prof. Asgar serta Departemen Gizi dan Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI berdiskusi mengenai potensi kerja sama dalam waktu dekat.”Untuk saat ini mungkin kita bisa melakukan kolaborasi dalam hal riset dan kuliah untuk mahasiswa,” tutur Dr. Ir. Asih di akhir diskusi.

Pertemuan ini merupakan langkah yang baik bagi FKM UI untuk memperkuat kerja sama dengan pihak internasional. Harapan kedua belah pihak kolaborasi yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi FKM UI maupun RMIT University Australia. (WR)