“Tanpa kita sadari kita sedang dalam perjalanan dan bergerak pada satu tujuan. Seluruh sivitas dan keluarga besar FKM UI perlu bergerak mengikuti perubahan. Gerakan perubahan akan memengaruhi kehidupan kita secara langsung, memengaruhi kesejahteraan kita, keluarga dan seterusnya. Penolakan terhadap perubahan dapat menghambat laju organisasi. Internal threat perlu kita waspadai dan tanggulangi agar seluruh elemen di fakultas tetap kompak dalam mencapai tujuan. Untuk itu kita semua perlu secara regular mengevaluasi diri apa yang telah dicapai dan hambatan apa yang masih dihadapi, dan hal-hal apa yang masih perlu di tingkatkan,” demikian disampaikan oleh Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri K. Sudaryo, M.S., D.Sc., pada rapat pleno Rabu, 7 Desember 2022 yang diikuti seluruh staf kependidikan. Salah satu agenda pada rapat pleno yang dilaksanakan di Aula A FKM UI ini adalah penyampaian hasil survei kepuasan masyarakat oleh Sekretaris Fakultas FKM UI, Nelasari, M.K.M.
Sebagai institusi penyedia jasa pendidikan, FKM UI terus dan senantiasa mengajak para pelaksana layanan dilingkungan fakultas menciptakan ruang-ruang continuous improvement. Langkah awal continuous improvement dimulai dari mengenali area layanan yang masih memerlukan peningkatan. Area pelayanan yang masih memerlukan peningkatan dapat dikenali dari umpan balik maupun masukan dari pengguna layanan.
Survei kepuasan masyarakat dibuat berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 14 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik. FKM UI secara rutin menyelenggarakan survei kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali.
Survei kepuasan masyarakat dibuat berdasar 9 indikator yaitu persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan serta sarana dan prasarana. Survei kepuasan masyarakat FKM UI diselenggarakan pada Agustus 2022 dengan responden terdiri dari 105 responden internal yang terdiri dari tendik dan dosen, lalu responden eksternal yang terdiri dari mahasiswa, alumni, dan orang tua mahasiswa sebanyak 228 responden.
Hasil survei kepuasan masyarakat terhadap FKM UI tahun 2022 menunjukkan indeks kepuasan dari responden internal sebesar 3,36 dan responden eksternal sebesar 3.30 (skala 1-4: sangat tidak puas – sangat puas). Hasil ini menunjukkan perubahan dari hasil survei tahun 2021 dimana indeks kepuasan responden internal sebesar 3,37 dan responden eksternal sebesar 3,11.
“Melalui sosialisasi hasil survei fakultas mengharapkan setiap pemberi layanan waspada dan menyadari bahwa setiap layanan yang diberikan dinilai secara langsung oleh stakeholder. Pembangunan kesadaran ini tentunya selaras dengan pembangunan zona integritas yang membawa semangat perubahan pada layanan publik yang prima bercirikan layanan yang cepat, murah, mudah dan ramah”, tutur Nelasari, M.K.M. FKM UI pun sejak tahun lalu telah meluncurkan motto standar pelayanan yang disebut dengan #fkmuiSEHAT, yaitu Santun, Efektif, Humanis, Aktif, dan Tanggap. (sfc)