Pada Senin, 13 Maret 2023, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi pemanfaatan aplikasi/ sistem informasi layanan yang telah dikembangkan di lingkungan FKM UI. Monev yang diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan ini dilaksanakan secara daring dengan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FKM UI, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si.
“Banyak inovasi berupa aplikasi-aplikasi yang kita miliki. Karena keadaan saat ini semua sudah paperless dan online, ini menjadi dasar bagi kita untuk membangun aplikasi-apliaksi dalam layanan kita. Dengan adanya aplikasi ini layanan di fakultas menjadi lebih baik, lebih efektif dan efisien, serta lebih cepat. Namun, kami tentunya perlu masukan dari Bapak- Ibu melalui survey yang hasilnya akan dilihat untuk memperbaiki aplikasi yang sudah ada agar menjadi lebih baik dan berkembang,” tutur Dr. Milla Herdayati dalam sambutannya.
Lebih lanjut, Koordinator Unit Teknologi Informasi FKM UI, Eddy Afriansyah, S.Kom., M.Si., menjelaskan kembali tentang aplikasi-aplikasi yang saat ini telah dikembangkan dan dimiliki oleh FKM UI untuk menunjang kegiatan pelayanan di fakultas. Disebutkan bahwa aplikasi dibagi 2 yaitu aplikasi eksternal dan internal. Aplikasi esksternal ini ditujukan untuk menunjang pelayanan kepada stakeholder eksternal termasuk mahasiswa. Sementara aplikasi internal adalah aplikasi yang dipakai para tendik dan dosen dalam menunjang pekerjaan.
“Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang bernilai informasi dan bernilai guna,” tutur Koordinator Unit Teknologi Informasi FKM UI. Disebutkan bahwa apliaksi-aplikasi yang dimiliki FKM UI antara lain:
- Aplikasi Permisa (Permintaan Surat Mahasiswa)
- Aplikasi Permohonan Kaji Etik
- Aplikasi e-komplain
- Aplikasi Pencetakan Sertifikat Online
- Aplikasi Ijazah dan Transkip
- Aplikasi SIDU (Sistem Dokumentasi Ujian)
- Aplikasi SIPUYM (Sistem Integrasi Pendaftaran Ujian dan Yudisium Mahasiswa)
- Aplikasi Ujian Mandiri
- Aplikasi SISKA (Sistem Informasi Penilaian Kinerja)
- Aplikasi Permintaan Barang
- Aplikasi Monitoring Pemakaian Ruang Kuliah
- Aplikasi Disposisi
- Aplikasi SI-RAJA (Sistem Informasi Riset Akademik dan Kerjasama)
- Sistem Informasi Tracking Surat
- Aplikasi MonaliZI (Monitoring Evaluasi Zona Integritas)
- Aplikasi Monitoring dan Evaluasi IT
- Aplikasi Presensi Pengajaran dan Honor Pengajaran (yang sudah diganti dengan SIAK-NG)
Dalam rangka pemantauan dan pemeliharaan sarana transformasi digital termasuk aplikasi/ sistem informasi yang ada di FKM UI tersebut, FKM UI kemudian melakukan pengumpulan umpan balik dan testimoni atas nilai manfaat aplikasi/sistem informasi yang digunakan oleh para dosen, tendik, dan mahasiswa di lingkungan FKM UI. (wrk)