Lokakarya Penyusunan Anggaran Bagi Staf Keuangan FKM UI

Mengikuti dinamika perkembangan dalam pengelolaan keuangan di lingkungan Universitas Indonesia diawal tahun 2020 ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menyelenggarakan lokakarya evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan pertama tahun 2020 dan penyusunan anggaran April-Desember 2020.

Lokakarya diperuntukkan bagi para pelaksana keuangan seluruh unit kerja di FKM UI. Lokakarya berlangsung selama 2 hari di Bogor sejak 13 hingga 14 Februari 2020.

Lokakarya dihadiri juga oleh Pimpinan FKM UI, yaitu Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan  Kemahasiswaan, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan  Administrasi Umum, Prof. dr. Asri C. Adisasminta, MPH, M.Phil, Ph.D, Manajer Umum, Dr. Milla Herdayati, SKM, M.Si. Dalam opening remarksnya Prof. Asri menyampaikan agar unit kerja merencanakan dengan matang setiap kegiatan dalam 1 tahun ke depan ( April hingga Desember 2020), mengingat pencairan anggaran akan benar-benar dikaitkan dengan akun yang digunakan dalam  perencanaan kegiatan yang disusun. Tidak cukup lagi tersedia ruang modifikasi/fleksibilitas untuk pengeluaran kegiatan. Kondisi yang cukup berbeda dengan pelaksanaan penganggaran seperti pada tahun sebelumnya. Sementara Manajer Umum berpesan agar setiap staf pelaksana benar-  benar mempelajari akun-akun baru dan jenis kegiatan yang dipakai sehingga kekeliruan penganggaran dapat diminimalkan.

Acara lokakarya dilanjutkan dengan sharing mengenai Sosialisasi Sistem Keuangan oleh Koordinator Unit Keuangan, Dwi Asijati, SE,  Penjelasan Akun Permasalahan Anggaran pada Penyusunan RKA 2020 oleh  Ahmad Sinrang Pawicangi, SE, Kelengkapan Dokumen oleh Fida Meitania, S. Sos dan Nurma Januarsih.

Lokakarya berlanjut dengan diskusi aneka permasalahan yang dihadapi unit kerja berikut usul-usul rekomendasi penyelesaiannya. (SFC)