Departemen Gizi FKM UI Sambut 11 Mahasiswa Program UI-CREATES 2024

Senin, 29 Juli 2024, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menyambut 11 mahasiswa yang berasal dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universidade da Paz (UNPAZ), Universitas Nasional Timor Lorosae (UNTL), dan Universitas Putra Malaysia (UPM). Mereka merupakan peserta program Universitas Indonesia Credit Earning (UI-CREATES) Departemen Gizi FKM UI tahun 2024 atau Nutrition UI-CREATES yang akan menjalani program di Indonesia selama dua pekan (28 Juli – 3 Agustus 2024). Peserta Nutrition UI-CREATES berhak memperoleh dua kredit dan transkrip resmi dari UI setelah menyelesaikan seluruh rangkaian program.

Pembukaan Nutrition UI-CREATES dihadiri oleh seluruh peserta serta dosen dari UNPAZ dan Departemen Gizi FKM UI. Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., dalam sambutan resminya menyampaikan manfaat program ini bagi peserta. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai platform untuk belajar dan berbagi pengetahuan, mendorong partisipasi aktif, serta memperluas jaringan pertemanan di tingkat internasional,” tutur Pro. Mondastri. Kegiatan UI-CREATES ini menarik karena tidak hanya fokus pada bidang akademik, tetapi juga mencakup aspek budaya dan pengembangan soft skills. FKM UI berkomitmen untuk menghadirkan pengajar terbaik guna memastikan komprehensifnya ilmu yang diterima oleh peserta. “Kami sangat antusias dan gembira menyambut kalian di kampus kami,” tambahnya.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran UNPAZ, Cipriano do Rosario Pacheco, menyampaikan apresiasinya kepada FKM UI atas terselenggaranya UI-CREATES tahun ini. “Kami turut senang mahasiswa bisa mendapatkan pembelajaran akademik dan non-akademik, di luar dari kampus asalnya. Kami ucapkan terima kasih terkhusus kepada FKM UI sebagai penyelenggara kegiatan ini,” ujar Mr. Pacheco.

Sebagai bentuk peresmian, perwakilan dari setiap universitas menandatangi surat perjanjian kerja sama secara resmi, dan token of appretiation dari FKM UI diserahkan secara simbolis kepada salah satu perwakilan peserta. Setelah dibuka secara resmi, kegiatan UI-CREATES yang diselenggarakan oleh Departemen Gizi FKM UI ini mengadakan tur fakultas dan games, dengan diawali oleh penyampaian informasi kegiatan oleh Dosen Departemen Gizi, Dr. Ir. Diah Mulyawati Utari, M.Kes. Selama rangkaian acara UI-CREATES, terdapat beberapa anggota Asosiasi Keluarga Gizi (AKG) yang akan membantu menjadi student buddies.  Rangakain Nutrition UI-CREATES sendiri terdiri dari kuliah umum, kunjungan budaya, kunjungan ke Pelayanan Kesehatan berbasis masyarakat (Posyandu dan Posbindu) serta kegiatan menarik lainnya.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi wadah yang baik bagi para peserta untuk memahami kondisi gizi di Indonesia serta mempelajari budaya Indonesia. Lebih dari itu, melalui Nutrition UI-CREATES juga diharapkan para peserta dapat belajar untuk membangun jejaring dengan mahasiswa dari negara lain.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, turut hadir perwakilan dari UNPAZ, yaitu Cipriano do Rosario Pacheco, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran UNPAZ, dan Tomas Elvis Fatima, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran UNPAZ. Sementara itu, delegasi dari FKM UI, hadir Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc.; Manajer Kerja sama, Hubungan Alumni, dan Ventura. Prof. Indri Hapsari Susilowati, S.K.M., M.K.K.K., Ph.D.; serta Dosen Departemen Gizi yakni Dr. Ir. Diah Mulyawati Utari, M.Kes.; Dr. Ir. Trini Sudiarti, M.Si.; Ir. Siti Arifah Pujonarti, M.P.H., dan Nurul Dina Rahmawati, S.Gz., M.Sc.

Kegiatan Nutrition UI-CRETAES 2024 ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya pada tahun 2023 Program Studi Sarjana Gizi melaksanakan UI-CRETAES untuk yang pertama kalinya. Di laksanakan secara daring dan luring, UI-CREATES 2023 diikuti 30 peserta (19 peserta daring dan 11 peserta luring).  (DFD)