Jalani Proses Menuju ZI-WBBM, FKM UI Terima Visitasi Penguatan Pembangunan ZI dari Biro Ortala Kemendikbudristek

Melanjutkan langkah dalam reformasi birokrasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) tengah berproses melaksanakan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) setelah pada Desember 2021 berhasil memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Pada tahun 2024, FKM UI merupakan satu-satunya satuan kerja di bawah Dirjen Dikristekdikti yang lolos penilaian TPI dalam kontestasi untuk mendapatkan predikat ZI WBBM. Berbagai langkah telah diikuti oleh FKM UI dalam Pembangunan ZI WBBM ini. Pada Senin, 5 Agustus 2024, FKM UI menerima visitasi penguatan Pembangunan ZI dari Tim Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemendikbudristek. Visitasi yang diterima di ruang PA212 Gedung RIK UI ini bertujuan untuk validasi desk evaluation, merasakan dan melihat secara langsung layanan, serta mendengar langsung testimoni dari stakeholder yang dilayani. Visitasi ini dilakukan untuk melakukan pengecekan terhadap persiapan FKM UI untuk menuju proses penilaian selanjutnya dari KemenPAN-RB.

“Tahun ini terdapat perbedaan proses seleksi menjadi semakin ketat sehingga kami mengawal juga dengan cukup ketat. Tahun sebelumnya tidak ada seleksi administrasi, di 2023 ada 11 seleksi administrasi, dan tahun 2024 hanya ada 5 seleksi administrasi. Karena FKM UI merupakan satu-satunya satker dari Ristekdikti yang lolos diajukan untuk WBBM, saat ini kami mencoba mengawal untuk persiapan ke tahap wawancara karena paparan yang dibuat Bapak-Ibu harus benar-benar difokuskan pada poin pentingnya saja,” tutur Ibu Ovi S.R.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FKM UI, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si., melakukan simulasi presentasi Pembangunan ZI WBBM yang dilakukan di FKM UI yang nantinya akan dipaparkan di depan tim penilai dari KemenPAN-RB. Berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh FKM menjadi poin yang dipaparkan oleh Dr. Milla.

Berdasarkan paparan Dr. Milla, Tim Biro Ortala memberikan masukan terkait berbagai hal yang sebaiknya dikurangi, ditambahkan maupun dihighlight dalam presentasi nantinya. “Perlu ditambahkan slide perihal inovasi yang direplikasi dalam slide tersendiri untuk menegaskan bahwa inovasi FKM UI sudah dimanfaatkan pula oleh pihak lain serta masukan kontribusi FKM UI dalam reformasi berdampak,” tutur Ibu Ovi.

Tidak hanya melakukan simulasi presentasi, Tim FKM UI juga mengantarkan Tim Biro Ortala untuk melakukan kunjungan langsung ke loket pelayanan yang ada di FKM UI termasuk ULF serta memeriksa berbagai fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di lingkungan FKM UI untuk memeriksa kesiapan dalam menerima visitasi dari tim penilai KemenPAN-RB.

Selain Ibu Ovi beserta 6 orang timnya dari Biro Ortala, dari FKM UI hadir Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si.; Sekretaris Fakultas, Nelasari, S.K.M., M.K.M.; beserta seluruh tim Pembangunan Zona Integritas FKM UI dari masing-masing pengungkit. (wrk)a