Seminar Online Seri 24 FKM UI: Healthier Planet and Challenge of Breastfeeding in the Covid-19 Pandemic

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) kembali menyelenggarakan rangkaian seminar online sebagai upaya penanganan terhadap pandemi Covid-19. Setelah sukses dengan seri sebelumnya, FKM UI dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dan perayaan Dies Natalis FKM UI ke-55 tahun serta perayaan pekan ASI sedunia, kembali menyelenggarakan seminar online seri ke-24 dengan membawa topik Healthier Planet and Challenge of Breastfeeding in the Covid-19 Pandemic.

Pejabat Dekan FKM UI, Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc., membuka rangkaian seminar ke-24 kali ini dengan menyampaikan sambutannya yang menjelaskan mengenai tantangan untuk peningkatan pemberian ASI kepada bayi di tengah pandemi Covid-19.

“Harapannya, seminar online yang diadakan kali ini dan ke depannya dapat memberikan manfaat dalam bentuk ide serta pemikiran dan tertuang dalam program-program peningkatan pemberian ASI yang dikembangkan melalui ide dan pemikiran ilmiah”, ucap Doktor Sabarinah dalam sambutannya.

Seminar online ke-24 menghadirkan pembicara ahli dari berbagai kalangan terkait upaya pemberian ASI, diantaranya akademisi, guru besar, profesional di bidang kesehatan, dan tenaga kesehatan. Seminar online ke-24 ini berlangsung selama tiga hari mulai 24 hingga 26 Agustus 2020 dengan lima sesi serta bahasan topik yang berbeda. Sesi 1 dan 2 berlangsung pada 24 Agustus 2020 dengan bahasan ‘Perspektif Sejarah’ dan ‘Healthier Planet and Challenge of Breastfeeding in the Covid-19 Pandemic’. Lalu dilanjutkan dengan sesi 3 dengan topik ‘Tantangan dan Kesempatan P2ASI di Masa Pandemi Covid-19’ dan ‘Isu Etik Terkait P2ASI’ pada 25 Agustus 2020. Rangkaian seminar online ke-24 ditutup pada 26 Agustus 2020 dengan topik bahasan mengenai ‘Peran Organisasi dan Masyarakat untuk Peningkatan Pemanfaatan (P2) ASI di Saat Pandemi Covid-19’.

Seminar ini dapat berlangsung tanpa halangan berkat dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak dengan FKM UI, diantaranya Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dan Enesi Group sebagai penyelenggara.

Rangkaian seminar online ke-24 kali ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan pemberian ASI di tengah pandemi Covid-19. Seminar ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan akademisi, tenaga kesehatan, maupun masyarakat umum yang turut berpartisipasi dalam tiga hari pelaksanaan. (MFH)