Pengenalan Sistem Akademik Fakultas Program Sarjana Ekstensi Tahun Ajaran 2020/2021

Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) merupakan kegitan rutin tahunan fakultas yang dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru di tahun ajaran baru. Di tengah kondisi pandemi Covid-19, proses Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) kepada mahasiswa baru Program Studi S1 Kelas Ekstensi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) tetap diselenggarakan meskipun secara daring melalui aplikasi Zoom dan pemutaran video. Hal ini dikarenakan kegiatan ini sangat penting untuk menjadi bekal mahasiswa baru agar dapat menjalankan proses perkuliahan dengan lancar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 September 2020.

            Kegiatan PSAF ini dibuka oleh Pj. Dekan FKM UI, Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc.,  dengan memberikan sambutan dan juga sosialisasi FKM menuju Wilayah Bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dilaksanakannya kegiatan PSAF ini sejatinya adalah untuk menyambut, memberikan pembekalan, sekaligus pembinaan bagi para mahasiswa baru yang bertujuan untuk mengenalkan sistem akademik fakultas dan memberikan gambaran tentang perkuliahan kepada mahasiswa baru, memberikan informasi terkait hak dan kewajiban sebagai mahasiwa, pengenalan terhadap sarana dan prasarana yang tersedia di fakultas, memberikan informasi terkait himpunan mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan yang ada di FKM UI.

            Pada PSAF ini terdapat pula pengenalan sistem akademik dan tugas akhir mahasiswa oleh Dr. Robiana Modjo, SKM, M.Kes., selaku Manajer Pendidikan, sosialisasi Unit PK2M dan Kemahasiswaan oleh Dr. drs. Tris Eryando, MA, selaku Manajer Pengembangan Karakter dan Kepemimpinan Mahasiswa, sosialiasi Riset dan Pengabdian Masyarakat oleh Doni Hikmat Ramdhan, SKM, M.K.K.K, Ph.D., selaku Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FKM UI,  sosialiasi Publikasi Jurnal di Lingkungan FKM UI oleh Dr. dra. Dewi Susanna, M.Kes., dan pemaparan Mekanisme Penelusuran Literatur Ilmiah oleh Fikri Wijaya, S.Sos., selaku Koordinator Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat, selain itu terdapat pemaparan yang disampaikan oleh organisasi kemahasiswaan yang ada di FKM UI untuk mengenalkan budaya yang ada di lingkungan FKM UI.

            Melalui kegiatan PSAF ini diharapkan dapat memberikan gambaran, informasi, dan pengarahan  yang bermanfaat sebagai bekal menjalankan perkuliahan selanjutnya, terutama di masa kenormalan baru ini.  Selain itu juga dengan mengikuti PSAF ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater serta solidaritas di antara rekan seangkatan dan sivitas akademik FKM UI lainnya. (usw)