FKM UI Raih Lima Besar Fakultas Berkelanjutan Terbaik Universitas Indonesia Versi UI Greenmetric

Sebagai institusi yang terus berkembang dan melaksanakan pembangunan berkelanjutan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) kembali menorehkan prestasi. Berdasarkan penilaian dari UI Greenmetric, FKM UI mendapatkan peringkat lima besar fakultas berkelanjutan terbaik. Prestasi ini diraih FKM UI bersaing dengan 13 fakultas dan satu sekolah vokasi di Universitas Indonesia. Pengumuman yang disampaikan pada 21 Desember 2020 ini dilaksanakan secara virtual.

UI Greenmetric adalah sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang didasarkan pada komitmen perguruan-perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Aspek-aspek yang dinilai dalam pemilihan fakultas berkelanjutan meliputi setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, dan education and research. Penilaian dari setiap aspek meliputi kebijakan, program dan realisasi dari semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup pada setiap peserta. Contohnya adalah pengurangan emisi, pengurangan pemanfaatan kertas, hingga pengembangan teknologi ramah lingkungan.

FKM UI mendapatkan penilaian total sebesar 7925 poin dan menjadi peringkat ke-5 fakultas berkelanjutan terbaik. Capaian tersebut merupakan peningkatan yang akan menjadi pembelajaran kedepannya. Harapannya, dengan prestasi tersebut, FKM UI dapat terus mempertahankan apa yang sudah baik dan meningkatkan beberapa aspek dalam pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan. (MFH)