Seminar Online FKM UI Seri 26, Kesehatan Anak di Masa Pandemi COVID-19

Ilmu kesehatan masyarakat adalah ilmu bidang kesehatan yang mempelajari dan menyentuh berbagai sisi kehidupan. Salah satunya adalah kesehatan anak. Dengan adanya pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama hampir dua tahun, ternyata hal tersebut membawa dampak besar secara langsung maupun tidak untuk kesehatan anak.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) sebagai salah satu institusi kesehatan di Indonesia pun merespon hal tersebut salah satunya dengan berbagi pengetahuan melalui kegiatan seminar online. Pada seminar seri kali ini, FKM UI berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran (ILUNI FK) angkatan 75/81. Membawa tema ‘Kesehatan Anak di Masa Pandemi’, seminar ini menghadirkan langsung Pj. Dekan FKM UI, Prof. Dr. dr. Sabarinah, M. Sc., sebagai moderator.

Sowmya Kadandale, Chief of Health UNICEF Indonesia, sebagai salah satu keynote speaker, mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang harus digarisbawahi terkait kesehatan anak di masa pandemi COVID-19 ini.

“Menyelamatkan kesehatan anak Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19 dapat dilakukan dengan beberapa hal mendasar secara holistik, diantaranya dengan menguatkan kesehatan dan gizi anak, membiasakan kebiasaan hidup bersih, melakukan pembelajaran jarak jauh, hingga memperluas cakupan terhadap perlindungan kesehatan anakm” tegas Sowmya.

Prof. Dr. dr. Aman B. Pulungan, SpA(K), FAAP, FRCPI (Hon), Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengamini hal tersebut dengan mempertegas penanganan yang harus dilakukan terhadap kesehatan anak dan langkah apa yang harus diambil oleh pemerintah.

“Tingginya mortalitas anak terkait COVID-19 disebabkan oleh beberapa hal, yaitu penanganan yang sub-optimal karena rumah sakit overload, kesenjangan penyediaan testing PCR, dan kurangnya transparansi data,” ujar prof. Aman yang juga merupakan keynote speaker pada seminar ini.

Lebih lanjut, Prof. Sabarinah memberikan tambahan dengan menegaskan bahwa kesehatan anak Indonesia adalah hal yang tidak boleh dilupakan di masa pandemi ini.

“Anak Indonesia adalah penerus generasi bangsa di masa mendatang. Oleh karena itu, kesehatan anak Indonesia menjadi hal yang harus diperhatikan dan dijaga,” tambah Prof. Sabarinah.

Seminar ini dihadiri oleh pembicara lainnya yaitu dr. Pandu Riono, MPH, Ph.D, Dosen FKM UI yang secara khusus membahas bagaimana gambaran epidemiologi COVID-19 pada anak di Indonesia.

Empat pembicara lain yang turut memberikan sumbangsihnya pada seminar kali ini yaitu Dr. Bambang Tridjaja, SpA(K), MM(paed), Dr. dr. Eva Jeumpa, SpA(K), dr. Sutji Astuti Mariono R., Sp.P, dan Dr. Heru Kasidi, MPH yang merupakan anggota dari ILUNI FK UI angkatan 75/81.

Harapannya, dengan kolaborasi kali ini, isu kesehatan anak akan tetap diangkat dan menjadi salah satu prioritas yang harus diutamakan dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. (MFH)