FKM UI Laksanakan PSAF Program Pascasarjana Tahun Akademik 2021/2022 secara Virtual

Pada tanggal 20-22 Agustus 2021, dilaksanakan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) mahasiswa baru Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dengan membawa tema “Pascasarjana FKM UI Berjuang Memberi Kontribusi menuju Indonesia Sehat”. Melihat adanya kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai sehingga penyelenggaraan PSAF tahun ini masih dilakukan secara daring melalui platform online Zoom.

Kegiatan PSAF ini dibuka oleh Pj. Dekan FKM UI,  Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc. “Kejujuran adalah satu hal yang sangat penting dengan satu kata yang membawa kepada sejuta kebaikan. UI memiliki 9 nilai yaitu kejujuran, keadilan, keterpercayaan, kemartabatan, tanggung jawab dan akuntabilitas, kebersamaan, keterbukaan, kebebasan akademik, dan kepatuhan pada aturan serta Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Saya berharap diakhir studi nanti Bapak/ Ibu lebih bijak dan mempertimbangkan banyak faktor, berkata benar namun dengan cara yang santun dan arif,” tutur Pj. Dekan FKM UI.

Rangkaian PSAF Pascasarjana FKM UI hari pertama terdiri dari penyampaian beberapa materi seperti Pengenalan Pembelajaran Berbasis Riset oleh Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Mekanisme Kuliah Daring (Pengenalan aplikasi EMAS, Ms. Teams, Zoom dan platform lainnya serta pengenalan SSO, SIAK-NG, SCELE, dan EDOM) oleh Eddy Afriansyah, S.Kom., M.Si selaku Koordinator Sub-Unit Teknologi Informasi, dan Materi Kesehatan Mental oleh Ika Malika, M.Psi dari Klinik Makara UI.

Pada hari kedua, dilaksanakan Sosialisasi Sistem Akademik dan Tugas Akhir Mahasiswa oleh Dr. Robiana Modjo, SKM., M.Kes selaku Manajer Pendidikan; Sosialisasi Publikasi Jurnal di Lingkungan FKM UI oleh Prof. Dr. Dra. Dewi Susanna, M.Kes selaku Ketua Komisis Pengembangan Jurnal FKM; Materi “Bagaimana Bentuk Nyata Alumni FKM UI Untuk Menuju Indonesia Sehat?” oleh Drg. Usman Sumantri, MKM selaku Kepala Badan PPSDM Kementerian Kesehatan dan Ketua ILUNI FKM UI; serta Mekanisme Penelusuran Literatur Ilmiah oleh Fikri Wijaya, S.Sos selaku Koordinator Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat.

Pada hari ketiga, dilaksanakan Sosialisasi Unit Kemahasiswaan oleh Dr. drs. Tris Eryando, M.A selaku Manajer Kemahasiswaan; Sosialisasi Riset dan Pengabdian Masyarakat oleh Doni Hikmat Ramdhan, SKM., MKKK., Ph.D, selaku Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat dan berbagai kegiatan yang tak kalah penting lainnya.

Penyelenggaraan PSAF ini diharapkan agar mahasiswa mendapatkan gambaran lengkap tentang sistem akademik perkuliahan dan materi seputar fasilitas yang dapat dimanfaatkan di UI khususnya FKM, mahasiswa dibekali materi mengenai ilmu pengetahuan di bidang kesehatan, menjalin hubungan yang kuat antar sesama mahasiswa program pascasarjana FKM UI tahun 2021 serta membangun solidaritas dan kekeluargaan dengan seluruh sivitas akademika FKM UI. (YOL)