FKM UI Jalani Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Tahun 2021 dari KemenPan-RB

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) telah dicanangkan oleh Universitas Indonesia menjadi fakultas pertama yang ditunjuk oleh UI dalam pembangunan Zona Integritas sejak 15 Juni 2020. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada badan publik yang pemimpin dan jajarannya memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan pelayanan publik berkualitas.

Pada tahap akhir dari penilaian pembangunan Zona Integritas, FKM UI menjalani proses evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia bersama dengan berbagai satuan kerja. Proses evaluasi ini dilaksanakan pada Kamis, 4 November 2021 pukul 08.00 secara daring. Evaluasi daring yang dihadiri 34 orang dalam room ini berlangsung selama kurang lebih 90 menit dengan alokasi waktu 30 menit pertama adalah presentasi oleh pimpinan satuan kerja dilanjutkan dengan tanya jawab pendalaman atas presentasi yang disajikan. Evaluasi pembangunan Zona Integritas ini mengacu pada PermenPANRB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan PermenPANRB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Instansi Pemerintah.

Pada pelaksanaan evaluasi yang berlangsung secara daring ini, hadir sebagai evaluator dari Kemenpan-RB Raka Pamungkas, Ak. dan Khori Efrial, S.E. Hadir pula Sekretaris Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, PhD, Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI, , Vishnu Juwono, SE, MIA., Ph.D Kepala Bagian Transformasi Biro TREM UI, Dr. Poeti Nazura GA, ST, M.Sc.. Sementara dari lingkungan FKM UI hadir  Pj. Dekan FKM UI, Prof. dr. Sabarinah, M.Sc, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKM UI, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FKM UI, Prof. dr. Asri C. Adisasmita, MPH, M.Phil, Ph.D, tim Zona Integritas Fakultas Kesehatan Masyarakat UI mewakili semua PIC area pengungkit dan para agen perubahan.

Dekan FKM UI, Prof. Dr. dr. Sabarinah, M.Sc. mengawali paparan kepada evaluator dengan mengemukakan kontribusi FKM melalui keahlian dan rekomendasi para ahli kesmas yang sangat bermakna dalam pembangunan kesehatan masyarakat bagi bangsa Indonesia. Pun berbagai tugas yang diamanahkan kepada para ahli kesehatan masyarakat di lingkup nasional, regional dan global sebelum dan terlebih di masa pandemi saat ini.

Prof. Dr. dr Sabarinah, M.Sc memaparkan FKM UI senantiasa berusaha menjalankan pelayanan publik yang berkualitas menuju pelayanan yang melebihi harapan stakeholder. Pada pemaparan ini Dekan FKM UI menyebutkan bahwa FKM UI telah mengembangkan berbagai inovasi pada 6 area pengungkit yaitu: 1). Manajemen Perubahan 2). Penataan Tata Laksana, 3). Penataan Sistem Manajemen SDM, 4). Penguatan Akuntabilitas, 5). Penguatan Pengawasan 6). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Inovasi-inovasi tersebut adalah Buku Saku Nilai UI untuk Staf Kependidikan, Mahasiswa dan Dosen, Aplikasi MonaliZI (Monitoring Evaluasi Zona Integritas), ULF (Unit Layanan Fakultas), Moto layanan #fkmuiSEHAT, E-Buku Saku Layanan, Aplikasi E-Komplain, Aplikasi Si-Mojang (Sistem Informasi Monitoring Jabatan Fungsional), Tendikasi (Tenaga Kependidikan Berdedikasi), Aplikasi SISKA (Sistem Informasi Kinerja), Aplikasi SIDU (Sistem Informasi Dokumentasi Ujian), Aplikasi PERMISA (Permintaan Surat Mahasiswa) dan terakhir adalah Cipta Hymne dan Mars FKM UI 2021 yang memasukkan kekuatan nilai-nilai integritas dalam liriknya.

Selain itu, FKM UI juga memiliki inovasi dalam bidang kesehatan masyarakat yang diberi nama SEMOL. SEMOL adalah singkatan dari Seminar Online yang menjadi kontribusi FKM UI untuk mengedukasi dan mengadvokasi masyarakat dan memberikan sumbangsih serta rekomendasi kepada pemangku kepentingan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19. SEMOL berlangsung dalam format seminar online serial berisi diseminasi informasi, diseminasi penelitian/ hasil studi, tips maupun berbagi praktik baik. Pada tahun 2020 telah berhasil terselenggara 43 seri dan di 2021 hingga bulan Oktober telah terselenggara hingga 38 seri. SEMOL seri FKM UI, materi dan rekaman acaranya dapat diakses oleh publik melalui website www.fkm.ui.ac.id atau akun youtube FKMUI.

Terkait upaya penanganan anti korupsi sebagai upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN, FKM UI melaksanakan Penguatan Sistem Pengawasan. Penguatan Sistem Pengawasan dilakukan dengan melaksanakan public campaign tentang Pengendalian gratifikasi, Penanganan Benturan, Whistle Blowing System dan pengaduan masyarakat melalui aplikasi E- komplain dan SIPDUGA (Sistem Dugaan Pelanggaran).

Raka Pamungkas dalam evaluasinya mengajukan pertanyaan pendalaman terkait pemetaan dan kekuatan, POB penata laksanaan, rangking fakultas, progress agen perubahan, SDM dan indikator akuntantabilitas kinerja. Sedangkan Khori Efrial dalam evaluasinya menambahkan pertanyaan terkait pengawasan terhadap pembangunan ZI yang dilakukan oleh FKM UI serta terkait lama waktu respon prosedur pelayanan sesuai POB.  

Berkaitan dengan rangking fakultas, Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI, Vishnu Juwono, SE, MIA, Ph.D menegaskan bahwa UI diakui oleh THE WUR by Subject 2022 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan posisi 201-300 di dunia pada bidang ilmu Clinical and Health, FKM UI bersama fekultas-fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan UI berada dalam kelompok tersebut. Universitas Indonesia juga menjadi nomor satu di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh QS Asia University Rankings 2022. Selain itu UI juga dinyatakan sebagai yang terbaik di indonesia versi QS Graduate Employability rankings 2022, dimana UI unggul di employer reputation.

Pada akhir sesi evaluasi Dekan FKM UI menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bersungguh-sungguh mendukung terwujudnya FKM UI menuju Zona Integritas dan berharap proses quality continuous improvement selalu terjadi serta semua pihak baik di fakultas masupun universitas berkinerja lebih baik dan berintegritas.