Seminar Pengembangan Tendik: Kiat Mengelola Keuangan yang Sehat

Senin, 13 Desember 2021, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Seminar Pengembangan Tendik (Semantik) dengan tema “Kiat Mengelola Keuangan yang Sehat”. Hadir Rahmat Aryo Baskoro, S.E., M.M., CFP., AEPP., Independent Financial Planner dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI sebagai narasumber. Seminar ini dihadiri pula oleh Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc. serta Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Prof. dr. Asri C. Adisasmita, M.P.H, M.Phil., Ph.D.

Acara ini diawali dengan sambutan Dekan dan penyerahan penghargaan kepada para pemenang ajang Tendik Berdedikasi FKM UI 2021: Surojo sebagai Pemenanng I, Arfan sebagai Pemenang II dan Anisa Citra sebagai Pemenang III. Dipandu oleh Manajer Umum FKM UI, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si, acara ini diikuti oleh 70 partisipan secara daring.

“Saya rasa ini suatu pelatihan yang kita perlukan untuk menambah wawasan dan kapasitas kita untuk merencanakan keungan. Dengan kita mempunyai perencanaan dan pengelolaan keuangan kita juga Insha Allah tidak akan membebani diri kita dan meningkatkan kinerja kita menjadi lebih baik,” ujar Prof. Asri pada pembukaan seminar.

Pada sesi materi, narasumber menyampaikan materinya terkait “Kiat Mengelola Keuangan yang Sehat”. Aryo menyampaikan beberapa poin dalam paparan materinya seperti konsep dasar perencanaan keuangan, mengelola alokasi pendapatan yang ideal, perencanaan keuangan, konsep dasar investasi, pilihan instrumen investasi keuangan, strategi investasi di tengah pandemi, serta pinjaman online.

“Perencanaan keuangan adalah sebuah proses dimana seorang individu atau rumah tangga berusaha untuk mencapai tujuan keuangan melalui pengembangan dan implementasi dari sebuah rencana keuangan komprehensif,” ujar Aryo dalam penjelasannya.

Lebih lanjut, narasumber menyampaikan bahwa dalam perencanaan keuangan, perencanaan investasi
mempunyai peran strategis di semua lini. Objektivitas dasar dari sebuah investasi adalah memperoleh keuntungan sebesar mungkin dalam batas toleransi yang wajar dengan tetap konsisten terhadap tujuan awal investasi dan mempertimbangkan batas-batas penerimaan tingkat risiko.

Pada seminar ini, narasumber tidak hanya memberikan materi saja namun juga memberikan lembar kerja keuangan sederhana yang bisa digunakan oleh tendik untuk berlatih mengelola keuangannya secara sehat sesuai dengan materi yang telah diajarkan. (wrk)