Mantapkan Pembangunan ZI-WBBM, FKM UI Selenggarakan Pelatihan Budaya Kerja “Membangun Nilai Integritas Kerja dalam Institusi” Bagi Tendik

“Pelatihan ini sangatlah penting untuk penanaman nilai-nilai integritas sebagai warga di UI terutama untuk menjaga integritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi kita dalam institusi. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memelihara predikat yang telah kita raih yaitu Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dan melanjutkan usaha untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” ujar Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., dalam sambutannya pada acara Pelatihan Budaya Kerja “Membangun Nilai Integritas Kerja dalam Institusi” Bagi Tendik, Selasa, 26 April 2022.

Kegiatan ini merupakan pelatihan budaya kerja kedua yang dilaksanakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI). Sebelumnya pada 19 April 2022 telah dilaksanakan pelatihan yang sama yang ditujukan bagi para Dosen di lingkungan FKM UI. 

Pada pelatihan yang dilaksanakan secara daring bagi para staf kependidikan ini, hadir Dra. Corina D.S. Riantoputra, M.Com., Ph.D., Dosen Fakultas Psikologi UI serta Prof. Dr. dr. Adik Wibowo, M.P.H., Guru Besar FKM UI sebagai narasumber. Narasumber pertama, Dra. Corina D.S. Riantoputra, M.Com., Ph.D., menyampaikan materi perihal Etos Kerja. Etos kerja adalah sebuah nilai yang didasarkan pada kerja keras dan ketekunan. Sebuah keyakinan bahwa pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang bermakna dan baik secara moral. Sementara secara dimensi etos kerja dapat diartikan sebagai melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. “Penanaman etos kerja ini sejalan dengan nilai yang diinternalisasikan di FKM UI yaitu SEHAT. Dengan S-nya adalah santun melayani dengan sepenuh hati. Nilai yang dimiliki FKM UI ini sangat bagus jika benar-benar diterapkan dalam pelaksanaan pekerjaan,” ujar Dr. Corina.

Lebih lanjut, pada materi kedua, Prof. Dr. dr. Adik Wibowo, M.P.H., menyampaikan materi terkait Etika Profesional dan Professional Branding. Melalui materinya, Prof. Adik menyampaikan tentang etika profesional disertai kode etik profesional, praktik baik bekerja secara profesional, contoh pelanggaran etika profesional serta nilai-nilai budaya yang dimiliki UI. 

Pada pelatihan yang dimoderatori oleh Manajer Umum FKM UI, Dr. Martya Rahmaniati Makful, S.Si., M.Si., ini diberikan pula tantangan berupa tugas kelompok kepada para peserta pelatihan untuk memberikan contoh kasus terkait etika kerja dan penyelesainnya serta pelajaran yang dapat diambil selama menjadi tenaga kependidikan di FKM UI.

Melalui pelatihan yang diikuti oleh 106 tenaga kependidikan ini, diharapkan nilai-nilai integritas dapat tertanam dan terinternalissasi secara baik kepada seluruh sivitas akademika dan keluarga besar FKM UI. (wrk)