Dekan FKM UI menjadi Panelis dalam Diskusi Penguatan Sistem Kesehatan Masyarakat di Dua Negara

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., mendapat kehormatan untuk menjadi panelis pada acara RICH Public Health Cloud Forum.

Forum yang diadakan pada 12 April silam ini merupakan bentuk kerja sama dari Tsinghua Southeast Asia Center dan Vanke School of Public Health of Tsinghua University. Turut mendukung kegiatan ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia serta Kementerian Kesehatan. Forum ini mendiskusikan dua topik secara mendalam, yaitu “Pandemi COVID-19: Peluang untuk Memperkuat Sistem Kesehatan Masyarakat,” dan “Era Baru Roadmap Bali Kerthi: Pelayanan Kesehatan dan Investasi Digital.”

Sebagai Dekan salah satu Fakultas Kesehatan Masyarakat terbaik di Indonesia, yaitu FKM UI, Prof. Mondastri diundang untuk menjadi panelis pada diskusi “Pandemi COVID-19: Peluang untuk Memperkuat Sistem Kesehatan Masyarakat.” Diskusi ini dihadiri oleh peserta dengan berbagai latar belakang, seperti para pembuat kebijakan, pelaku dalam institusi finansial, serta pelaku pada perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dan bioteknologi. Seluruh peserta dipilih dan diundang secara khusus oleh penyelenggara. Bersama Prof. Mondastri, turut hadir 3 (tiga) panelis lain yaitu:

  1. Wannian Liang, Wakil Dekan Eksekutif Vanke School of Public Health, Tsinghua University;
  2. Imran Agus Nurali Sp. KO, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI; dan
  3. Xiaoping Dong, Kepala Ahli Bidang Virologi, China Center for Disease Control and Prevention

RICH Public Health Forum merupakan respon dari adanya G20 Summit 2022 yang diadakan di Indonesia. Kedua negara, Indonesia dan China, mengambil sebuah peluang dengan mendiskusikan mengenai penguatan sistem kesehatan, transformasi digital, serta memfasilitasi kerja sama lebih lanjut dan mendalam antara kedua negara dalam bidang ini di masa depan. (BK)