PAF FKM UI Diskusi Identifikasi Keselarasan Pembangunan ZI WBK WBBM dan Implementasi SMAP ISO 37001

Tindak lanjut dari persiapan penerapan SMAP ISO di FKM UI memasuki tahap telaah Gap Analysis implementasi SMAP ISO 37001 dengan pembangunan Zona Integritas WBK WBBM di FKM UI. Sebagaimana diketahui salah satu modal utama pada pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah dilakukan FKM UI adalah telah terimplementasikannya Manajemen Mutu ISO 9001;2015 yang memberikan assurance pada mutu layanan PAF FKM UI. ISO SMAP 37001 menjadi langkah berikutnya sebagai sertifikasi yang akan memperkuat FKM UI dalam pembangunan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani sebagai jaminan pelayanan PAF FKM UI yang bebas dari praktik suap.

Telaah diperlukan untuk identifikasi berbagai persyaratan yang akan disediakan menuju sertifikasi ISO SMAP 37001 diselaraskan dengan dokumen yang telah ada. Dokumen utama yang diperlukan sebagai persyaratan adalah: Dokumen ISO 9001, Kontrak Kinerja, Analisis SWOT, Risk Register 2022.

Telaah dilanjutkan dengan diskusi mendalam pada unit kerja penyedia layanan yang diperkirakan memiliki risiko terjadinya tindak penyuapan yaitu Subunit Kerjasama dan Hubungan Alumni, Subunit Pemeliharaan dan Pengelolaan Fasilitas (PPF), Subunit Keuangan, Subunit Logistik, dan Subunit SDM. Proses telaah yang dipandu oleh konsultan ISO SMAP 37001, Muhammad Hatta Adam dan tim berlangsung pada Senin dan Selasa, 13-14 Juni 2022. Diskusi diikuti oleh Wakil Dekan Bidang 1 dan Bidang 2, para manajer dan seluruh koordinator subunit di PAF FKM UI.

Dalam pengantarnya Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKM UI mengingatkan pentingnya manajemen mutu yang terus dijaga dan ditingkatkan tidak hanya pada subunit penyedia layanan yang langsung berhubungan dengan mahasiswa namun tak kalah penting juga pada penyedia layanan pendukung. Kegiatan internasionalisasi yang ditempuh FKM UI, juga perlu diperhatikan persiapan mutu pelaksanaan layananya.

Persiapan menuju sertifikasi ISO SMAP 37001 dilakukan dengan bedah POB setiap subunit kerja, dengan pemutakhiran pada bagian-bagian tertentu yang beririsan dengan implementasi ISO 9001;2015, ISO SMAP 37001 dan bangunan zona integritas WBK WBBM. (sfc)