Dalam upaya memperkuat sinergi dan meningkatkan kualitas layanan informasi akademik, Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) menggelar Roadshow Perpustakaan di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI pada Selasa, 8 Juli 2025. Bertempat di Ruang Guru Besar FKM UI, kegiatan ini menjadi ajang untuk menyosialisasikan layanan perpustakaan sekaligus menggali masukan dari pimpinan dan pengguna layanan di lingkungan fakultas.
Roadshow ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKM UI, Dr. Ir. Asih Setiarni, M.Sc., para Ketua dan Sekretaris Departemen, dosen, manajer dan koordinator subunit akademik, kemahasiswaan, humas serta IT. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama untuk menjadikan perpustakaan sebagai mitra strategis dalam pengembangan pendidikan dan penelitian.
Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKM UI, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc., menegaskan pentingnya peran perpustakaan di tengah era digital. “Perpustakaan merupakan jantung universitas karena menjadi pusat ilmu pengetahuan dan seni. Kini, di era digitalisasi, semua informasi dapat diakses dengan mudah, namun mahasiswa tetap perlu berhati-hati dalam memilih sumber yang kredibel. Kami mengapresiasi kehadiran tim Perpustakaan UI dan berharap diskusi hari ini membawa manfaat besar, tidak hanya bagi FKM UI tetapi juga untuk pengembangan layanan perpustakaan UI,” ujar Dr. Asih.
Sementara itu, Kepala Perpustakaan UI, Luluk Tri Wulandari, M.Hum., menjelaskan bahwa kunjungan ke FKM UI merupakan rangkaian dari roadshow ke-7 yang telah dilakukan ke berbagai fakultas di UI. “Sebagai perpustakaan sentral, kami ingin lebih mengakar ke fakultas. Diskusi seperti ini penting agar kami memahami kebutuhan spesifik tiap fakultas. Kami juga ingin memperkenalkan layanan unggulan seperti e-resources dan e-literasi kepada sivitas akademika. Untuk itu, sinergi dan dukungan dua arah antara perpustakaan dan fakultas sangat dibutuhkan,” jelasnya.
Pada sesi presentasi, Koordinator Repositori Institusi dan Otomasi Perpustakaan UI, Sony Pawoko, M.TI., menjelaskan berbagai layanan unggulan yang kini tersedia. “Perpustakaan UI terus memperkuat perannya sebagai pusat layanan informasi akademik dengan menghadirkan berbagai layanan unggulan, seperti pelatihan literasi informasi, pemeriksaan kemiripan dokumen (PERKAMEN), penelusuran literatur, layanan referensi, serta akses terhadap e-resources dan research tools,” terang Sony. Sepanjang tahun 2024, ribuan sivitas UI telah memanfaatkan layanan ini, termasuk 6.212 peserta pelatihan literasi informasi dan 14.655 permintaan pemeriksaan kemiripan dokumen. Berbagai layanan tersebut kini semakin mudah diakses melalui kanal digital seperti email, WhatsApp, dan portal resmi perpustakaan.
Selain layanan rutin, Perpustakaan UI juga menyediakan fasilitas seperti ruang baca dosen, ruang diskusi, ruang kubikus, serta sistem digital seperti self-loan, smart locker, dan remote access. Dalam upaya meningkatkan transparansi dan kontribusi akademik, perpustakaan mendorong sivitas UI untuk mengunggah karya ilmiah ke Repositori Institusi, sejalan dengan SK Rektor UI yang berlaku. Repositori ini bertujuan mendokumentasikan dan mendiseminasikan karya akademik agar lebih mudah diakses, meningkatkan sitasi, serta menghindari plagiarisme dan duplikasi riset. Kolaborasi aktif antara perpustakaan dan fakultas diharapkan dapat memperkuat ekosistem literasi informasi dan riset yang unggul di lingkungan Universitas Indonesia.
Tidak hanya paparan, roadshow ini juga mengakomodasi sesi diskusi interaktif antara sivitas FKM UI dengan tim dari Perpustakaan UI. Diskusi ini membahas berbagai hal yang perlu disesuaikan antara kebutuhan fakultas dengan layanan yang ada di Perpusatakaan UI.
Melalui kegiatan ini, FKM UI dan Perpustakaan UI berharap tercipta kolaborasi berkelanjutan dalam memperkuat budaya literasi, meningkatkan pemanfaatan sumber daya informasi digital, serta mendorong kualitas pendidikan dan penelitian yang unggul. (wrk)