FKM UI Berikan Pelatihan Pelayanan Prima bagi Staf Keamanan dan Kebersihan FKM UI sebagai Garda Terdepan Pelayanan Fakultas

Memenuhi komitmen perbaikan berkelanjutan dalam aspek pelayanan fakultas, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) mengadakan pelatihan pelayanan prima bagi staf keamanan dan kebersihan pada 14 Desember 2024. Dilaksanakan di Aula G FKM UI, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan profesionalisme staf yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh stakeholder FKM UI, termasuk mahasiswa, dosen, dan pengunjung.

Sebagai bagian dari tim yang menjaga keamanan, kenyamanan, dan kebersihan lingkungan kampus, staf keamanan dan kebersihan memegang peran penting dalam menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan bekerja. Peran mereka sangat memengaruhi pengalaman seluruh pengunjung dan warga kampus. Untuk itu, pelatihan pelayanan prima menjadi sangat penting dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kegiatan pelatihan yang menghadirkan Vida Bahsuan, seorang ahli dalam pengembangan sumber daya manusia dan layanan publik dari The Professional Academy ini diikuti oleh lebih dari 60 orang staf keamanan dan kebersihan FKM UI. Mereka dilatih tidak hanya untuk memahami konsep pelayanan yang baik, tetapi juga untuk mengasah keterampilan praktis melalui simulasi situasi nyata yang mungkin mereka hadapi di lapangan.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FKM UI, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si., yang menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan di FKM UI dan peran staf keamanan serta kebersihan dalam mencapai tujuan tersebut.

“Staf keamanan dan kebersihan adalah garda terdepan kita. Kualitas pelayanan yang baik harus dimulai dari mereka, yang selalu berada di garis depan dalam berinteraksi dengan mahasiswa, dosen, dan pengunjung. Pelatihan ini penting untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pelayanan prima dan bagaimana cara menghadapinya dalam situasi yang berbeda,” ujar Dr. Milla dalam sambutannya.

Para peserta diberikan materi mengenai konsep pelayanan prima yang mencakup sikap ramah, responsif, serta kemampuan berkomunikasi dengan baik. Mereka juga diajarkan bagaimana cara menangani keluhan dengan profesional, serta tips untuk menjaga kebersihan dan keamanan di sekitar lingkungan kampus.

Sesi praktek menjadi bagian yang sangat penting dalam pelatihan ini. Para peserta dibagi dalam kelompok untuk melakukan simulasi situasi nyata, seperti menghadapi pengunjung yang membutuhkan bantuan, merespon keadaan darurat, dan berkomunikasi dengan mahasiswa atau dosen yang mengalami masalah. Melalui praktek ini, staf diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka dalam menangani berbagai kondisi dengan cepat dan tepat.

Pelatihan ini tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan teknis, tetapi juga memberikan ruang bagi staf untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang tantangan yang mereka hadapi dalam pekerjaan sehari-hari. Melalui sesi diskusi, peserta dapat memberikan masukan dan mengajukan pertanyaan mengenai situasi-situasi yang mungkin dihadapi.

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan staf keamanan dan kebersihan, tetapi juga memperbaiki kualitas pelayanan di FKM UI secara keseluruhan. Melalui pelayanan yang lebih baik, diharapkan mahasiswa dan pengunjung dapat merasa lebih nyaman dan aman selama berada di lingkungan kampus.

Melalui pelatihan ini, FKM UI terus memperlihatkan komitmennya untuk menjaga kualitas pelayanan di seluruh aspek, terutama bagi garda terdepan, seperti staf keamanan dan kebersihan, yang menjadi kunci kenyamanan dan keselamatan bagi seluruh stakeholder fakultas. (wrk)