FKM UI kembali selenggarakan Awareness ISO 9001:2015

Dalam rangka maintenance dari implementasi manajemen mutu di Fakultas Kesehatan Masyarakat, pada tanggal 17 Juli 2018 diselenggarakan Awareness ISO 9001:2015 yang diikuti 27 peserta, terdiri dari staf unit kerja, departemen dan kelompok studi di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang PA 212, Gedung A, Lt.2 RIK ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, dr. Asri C. Adisasmita, MPH., M.Phil., Ph.D. Narasumber dari kegiatan ini adalah Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M. Eng. Sc. dan Santoso Jokowaluyo dari Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen dan Penjaminan Mutu Akademik (P2SM dan UPMA), Fakultas Teknik UI.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Tinjauan Manajemen 1 yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2018 dan difasilitasi oleh Unit Penjaminan Mutu Non Akademik (UPMNA), unit kerja baru yang memiliki tugas dalam penjaminan mutu fakultas terkait unsur non akademik, seperti manajemen mutu, K3L, dan lain-lain.

Fokus dari kegiatan ini adalah peningkatan kepedulian dan pemahaman secara menyeluruh staf unit kerja, departemen dan kelompok studi tentang pentingnya standardisasi manajemen mutu layanan fakultas sesuai dengan prosedur dan standar ISO 9001:2015. Peserta kegiatan ini mendapatkan materi tentang ISO 9001:2015 dan klausul-klausul di dalamnya yang merupakan persyaratan dalam standar mutu tersebut.

Semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, terutama staf dari unit kerja baru dan departemen yang direncanakan akan mulai diikut sertakan untuk sertifikasi mutu layanan berikutnya. Dengan adanya kegiatan ini, para staf di unit kerja, khususnya unit kerja baru, departemen dan kelompok studi diharapkan sudah memiliki pemahaman yang sama terkait pentingnya menjaga dan memelihara implementasi manajemen mutu sesuai dengan standar ISO 9001:2015 dan juga sebagai langkah awal persiapan untuk Surveilance Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 yang akan dijalani pada bulan Oktober 2018.