Menuju ZI-WBBM, FKM UI Selenggarakan Sosialisasi dan Penyegaran Bagi Tenaga Kependidikan

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) tengah menjalani proses menuju Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). WBBM sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan sangat baik, dengan telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Dalam rangka persiapan menuju ZI-WBBM ini, FKM UI menyelenggarakan sosialisasi dan penyegaran kepada para tenaga kependidikan di lingkungan fakultas untuk memantapkan kesiapan para petugas pelayanan. Dilaksanakan pada Senin, 8 Mei 2023 di Ruang Promosi Doktor FKM UI, kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc. “Saat ini kita tengah berada dalam proses penilaian Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Untuk itu, kita perlu me-refresh kembali pemahaman tentang ZI-WBBM agar kita siap baik secara pemahaman dan tekad untuk maju ke tahap berikutnya. ZI-WBBM ini diharapkan akan menjadi suatu kebaikan bagi FKM UI secara keseluruhan dengan menjadikan best practice dalam seluruh proses bisnis,” tutur Dekan FKM UI dalam sambutannya.

Pada kegiatan ini, hadir pula Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FKM UI, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si., sebagai narasumber utama. “Tujuan akhir WBBM bagi setiap satuan kerja adalah bisa memberikan layanan terbaik dan setinggi mungkin bagi stakeholdernya, untuk FKM UI terutama adalah kepada mahasiswa,” tutur Dr. Milla. Berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima, saat ini FKM UI juga telah melengkapi fasilitas atau sarana prasarana pelayanan dengan fasilitas khusus bagi kelompok rentan.

Pada kesempatan ini dibagikan pula buku saku pelayanan prima di lingkungan FKM UI yang juga dapat diunduh melalui laman http://localhost/oldfkm/wp-content/uploads/2020/zi/bukusaku_layananprima.pdf. Buku Saku Layanan Prima merupakan salah satu inovasi yang menjadi panduan bagi seluruh staf penyedia layanan di FKM UI agar pelayanan yang diberikan dapat memenuhi dan melebihi harapan pelanggan. (wrk)