Massive Open Online Courses (MOOCs) adalah bentuk pembelajaran daring terbuka yang memungkinkan siapa saja, di mana saja, untuk mengakses materi pendidikan berkualitas tanpa batasan geografis. MOOCs menjadi salah satu inovasi dalam dunia pendidikan yang memberikan kesempatan belajar yang fleksibel, inklusif, dan dapat diakses oleh masyarakat luas.
Sebagai institusi pendidikan yang terus berinovasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) turut mengambil peran dalam pengembangan MOOCs sebagai upaya memperluas jangkauan pendidikan kesehatan masyarakat. Melalui platform MOOCs ini, FKM UI menyediakan berbagai materi pembelajaran yang dirancang oleh para pakar dan akademisi berpengalaman, mencakup berbagai topik penting di bidang kesehatan masyarakat seperti epidemiologi, promosi kesehatan, kebijakan kesehatan, hingga manajemen layanan kesehatan.
Dengan menyediakan MOOCs ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia berharap dapat meningkatkan literasi kesehatan, memperkuat kapasitas tenaga kesehatan, serta mendukung pengembangan kompetensi masyarakat umum dalam memahami isu-isu kesehatan secara lebih mendalam. Selain itu, MOOCs FKM UI juga menjadi sarana strategis untuk menjalin kolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri.
Berikut adalah mata kuliah yang disediakan:
Progam Studi: Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit
Deskripsi:
This course titled “Strategies for Successful Scientific Writing and Publication” will help you understand the basic concepts of scientific writing, especially in preparing articles to be published in scientific journals. The scope of the study material includes original and innovative research ideas, structure and components of scientific work, effective writing skills, and successful publication strategies. The MOOCs have demonstrated significant benefits for both students and the general public in enhancing scientific writing skills and contributing to the development of high-quality content for broader scientific publications. These benefits include the improvement of scientific writing proficiency, a deeper understanding of the process for publishing articles in academic journals, the cultivation of original and innovative research ideas, the expansion of knowledge related to scientific writing, and the acquisition of skills applicable to writing scientific articles across various disciplines. This course contributes to the achievement of the United Nations’ Sustainable Development Goal (SDG) 4: Quality Education. By enhancing scientific writing skills, fostering innovative research, and expanding knowledge in academic publishing, the course promotes lifelong learning opportunities and improves educational quality, empowering individuals to engage more effectively in academic and research fields across diverse disciplines.
Progam Studi: Sarjana Kesehatan Lingkungan
Deskripsi:
Progam Studi: Kesehatan Masyarakat
Deskripsi:
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang [entang pengertian K3 sebagai keilmuan dan peranan K3 di tempat kerja. MK ini juga menjelaskan tentang pengelolaan bahaya di tempat kerja dalam rangka mencegah sakit dan cidera melalui identifikasi bahaya, penilaian bahaya dan risiko, dan penentuan metode/pendekatan pengendalian bahaya di tempat kerja. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko dan menentukan metode pengendalian yang sesuai dengan bahaya yang ada di tempat kerja tersebut sesuai dengan kondisi perusahaan.
Progam Studi: Sarjana Gizi
Deskripsi:
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang pengertian dan struktur resep masakan Indonesia, manfaat pengetahuan resep masakan Indonesia, standar resep masakan Indonesia, dan modifikasi resep masakan Indonesia. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk memahami tentang resep masakan Indonesia, mampu membuat resep, dan mempraktekkan resep dan melakukan modifikasi resep masakan Indonesia yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah ini ditujukan untuk Siswa SMK/sederajat, Mahasiswa D3/S1/S2, Pemilik UMKM Pangan, Pengusaha Rumah Makan, Pengusaha Jasa Boga, Pemilik Café, Ibu rumah tangga, dan Masyarakat Pemerhati Kuliner Indonesia. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 4 jam di setiap minggunya, dengan total pembelajaran adalah 4 x 4 jam.
Progam Studi: S1 Kesehatan Lingkungan
Deskripsi:
MOOCs non-kredit berjudul “Dampak Kesehatan Lingkungan dalam Aktivitas Industri” menyediakan pemahaman mendalam tentang jenis, sumber, dan karakteristik bahaya yang ditimbulkan oleh aktivitas industri. Peserta juga akan mempelajari bagaimana melakukan penilaian risiko kesehatan akibat aktivitas industri, serta bagaimana peran kesehatan lingkungan dalam meminimalkan risiko kesehatan tersebut, baik bagi pekerja maupun masyarakat sekitar.
Setelah mempelajari MOOCs non-kredit ini, diharapkan peserta mampu untuk:
Mengidentifikasi jenis, sumber, serta karakteristik bahaya di tempat kerja dan industri,
Mengetahui cara penilaian risiko kesehatan yang ditimbulkan akibat suatu aktivitas industri,
Menjelaskan peran serta kesehatan lingkungan dalam meminimalkan risiko akibat aktivitas industri
MOOCs ini bersifat non-kredit tidak terdapat biaya (gratis) yang diberikan untuk jenjang S1 maupun masyarakat umum. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 350 menit.
Progam Studi: S2 Epidemiologi
Deskripsi:
Sebagai gambaran, MOOCs Introduksi Scoping Review ini bertujuan untuk memperkenalkan metode Scoping Review kepada para peserta karena peluangnya yang besar sebagai salah satu metode evidence synthesis, tetapi penggunaannya belum meluas dipergunakan. Dengan mengikuti MOOCs, ini Anda diharapkan dapat memahami konsep, kegunaan, dan metode riset Scoping ini dalam bidang kesehatan dan bidang terkait.
Topik yang akan dibahas pada MOOCs ini meliputi:
MOOCs ini bersifat non-kredit. Estimasi waktu total untuk mempelajari 3 topik MOOCs ini adalah 8 jam dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Pembelajarannya akan berlangsung secara self-paced dan asinkronus dengan peserta mempelajari secara mandiri materi pembelajaran yang tersedia. Aktifitas belajar termasuk menonton video pembelajaran, mempelajari bahan (materi/powerpoint, artikel) yang digunakan, serta mengerjakan kuis.
Target peserta MOOCs adalah:
Progam Studi: Gizi
Deskripsi:
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang konsep dasar kebugaran dan wellness. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk menjelaskan definisi kebugaran & wellness, kontinum wellness, jenis wellness, kaitan aktifitas fisik, kebugaran dan wellness, komponen kebugaran, pengaruh kebugaran terhadap kesehatan serta peran zat gizi makro dan mikro terhadap kebugaran. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 195 menit atau setara 3 jam 15 menit.
Progam Studi: S2 Epidemiologi
Deskripsi:
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang konsep dan kegunaan riset implementasi dalam menunjang program dan kebijakan kesehatan. Topik kajian meliputi latar belakang diperlukannya riset implementasi dan bagaimana jenis riset ini berbeda dari jenis riset lainnya (seperti riset epidemiologi, uji coba klinis, studi efikasi, dan sebagainya), tujuan, pengembangan pertanyaan penelitian, dan metode dalam riset implementasi. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk memahami konsep, kegunaan, dan metode riset implementasi dalam bidang kesehatan. Mata kuliah ini diberikan untuk jenjang S1/S2/S3. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 1 bulan.
Progam Studi: Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengajak peserta mengenal Penyakit Akibat Kerja (PAK), tentang konsep dasar, dasar diagnosis PAK individu dan metode surveilans dalam mengenal PAK secara ilmiah khususnya epidemiologi, dibahas pula tata cara manajemen PAK yaitu cara promosi dan pencegahan PAK di tempat kerja untuk beberapa contoh PAK yang sering ditemui di tempat kerja.
Setelah mengikuti mata kuliah MOOCs ini, diharapkan peserta mampu menggali lebih banyak informasi dalam rangkan mengembangkan keterampilan mengaplikasikan promosi dan pencegahan PAK, berdasarkan hasil mengorelasikan interaksi PAK dan pajanan hazard di tempat kerja dengan menggunakan konsep PAK dan surveilans kesehatan kerja. Mata kuliah ini bersifat non kredit maka jumlah SKS adalah 0 SKS, dan diberikan untuk jenjang S1/S2/S3/Non Jenjang. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 20 menit x 6 sesi.
Progam Studi: Sarjana Gizi
Deskripsi:
Pada MOOCs ini akan menyajikan materi tentang berbagai jenis diet penurunan berat badan yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. MOOCs ini terdiri dari 5 sesi dengan materi yang disampaikan terkait metabolisme penurunan berat badan dan berbagai jenis diet penurunan berat badan antara lain: Diet Atkins, Diet Ketogenik, Diet Intermitent, Diet Mediterania. Pada setiap jenis diet akan disampaikan detil materi berupa definisi diet, tata cara diet, kelebihan dan kekurangan diet.
Setelah menyelesaikan MOOCs ini, peserta diharapkan mampu:
Progam Studi: Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Deskripsi:
Mata kuliah ini akan mempelajari tentang sejarah, pengertian, konsep, ruang lingkup, dan manfaat ergonomi dalam keilmuan K3. Setelah mempelajari MK ini, diharapkan Anda mampu untuk memahami interaksi sistem dalam ergonomi, dalam konteks upaya mengenal permasalahan terkait ergonomi di tempat kerja. Matakuliah ini bersifat non-kredit dan diberikan untuk jenjang S1. Estimasi waktu pembelajaran MOOCs ini adalah 4 bulan.
Progam Studi: Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Deskripsi:
Mata Kuliah ini akan mempelajari tentang Pentingnya pengelolaan Indoor Air Quality (IAQ), Parameter pembentuk dan standard IAQ, Penilaian IAQ dan memperbaiki IAQ. Setelah mempelajari Mata Kuliah ini, diharapkan Anda mampu untuk memahami pentingnya IAQ dan melakukan penilaian IAQ.
Progam Studi: Gizi
Deskripsi: