Seminar Online FKM UI Seri 52: Upaya Peningkatan Mutu Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam Menghadapi Kompleksitas Pelayanan Kesehatan

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) kembali menyelenggarakan seminar online bertemakan “Upaya Peningkatan Mutu Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam Menghadapi Kompleksitas Pelayanan Kesehatan” pada Selasa, 21 Desember 2021.

Pada seminar ini, hadir Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D., untuk memberikan sambutan pada awal acara. Pada sambutannya, dr. Dante menyampaikan mengenai double burden masalah kesehatan di Indonesia. Menurut dr. Dante, peningkatan mutu merupakan upaya penting untuk mengatasi masalah ini. “Kementerian kesehatan berupaya melakukan akselerasi dalam menyelesaikan masalah tersebut melalui transformasi sistem kesehatan. Salah satu pilar yang kami optimalkan adalah pilar transformasi layanan rujukan. Upaya peningkatan mutu akan dilakukan dengan berbagai macam cara,” ucap dr. Dante.

Acara kemudian dilanjutkan dengan keynote speech dari dr. Kalsum Komaryani, MPPM selaku Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI. Menurut dr. Kalsum, penguatan subsistem pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan, baik untuk meningkatkan akses maupun mutu pelayanannnya. Dokter Kalsum menyampaikan bahwa, “Karena tujuannya adalah meningkatkan akses dan mutu, maka yang pertama adalah penguatan sarana dan prasarana serta infrastruktur terutama di primer. Lalu penguatan tata kelola dibantu digitalisasi pelayanan kesehatan, yang terakhir adalah bagaimana peningkatan mutu keselamatan pasien.”

Materi selanjutnya mengenai tata kelola mutu di rumah sakit disampaikan oleh Dede Sri Mulyana, S.K.M., M.A.R.S. selaku Koordinator Umum dan Hukum RS Haji Jakarta. Menurut Dede, keberhasilan tata kelola mutu harus melibatkan semua unsur di rumah sakit terutama peran aktif direktur. Selain itu, perlu ada Indikator mutu, manajemen risiko terintegrasi, serta monitoring dan evaluasi berkala untuk memastikan tata kelola mutu telah dilaksanakan sesuai rencana.

Setelah membahas mengenai rumah sakit, materi selanjutnya adalah tata kelola mutu di Puskesmas yang disampaikan oleh dr. Tjahjono Kuntjoro, M.P.H., Dr.PH. selaku Direktur SDM dan Perencanaan RS Ken Saras. Pada kesempatan ini, dr. Kuntjoro menyampaikan mengenai Pedoman Tata Kelola Mutu Puskesmas Tahun 2021 yang meliputi dasar-dasar konsep mutu dan penerapan tata kelola mutu di puskesmas.

Sesi kedua adalah pembahasan secara praktikal yang diisi oleh tiga narasumber, yaitu dr. Nur Afiyah selaku Kepala Seksi Mutu dan Akreditasi Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Depok, Ririn Citra Aprilianti, S.K.M. selaku Pelaksana Bagian Umum dan Hukum Rumah Sakit Haji Jakarta, dan Ns. Nicky Anelia, S.Kep. selaku selaku staf BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi jejaring bagi FKM UI dan seluruh peserta dalam menuju substansi mutu layanan yang semakin luas, perubahan kebijakan mutu kesehatan, dan tentunya menuju bangsa yang sejahtera. (BK)