Gelar Berbagai Aktivitas Peduli Kesehatan, FKM UI Selenggarakan Puncak Dies Natalis ke-58

Fakultas Kesehatan Masyarkat (FKM) Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu fakultas yang berfokus pada peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat dengan cara melakukan pengorganisasian di masyarakat. Selama 58 tahun berdiri, FKM UI senantiasa berupaya untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat melalui berbagai hal.

Pada acara puncak Dies Natalisnya yang ke-58 di Sabtu, 28 Oktober 2023, Ikatan Alumni (ILUNI) FKM UI, sebagai tulang punggung pelaksana dalam puncak perayaan kali ini, berfokus pada banyak kegiatan yang berkontribusi pada kesehatan serta mengundang alumni-alumninya yang telah menjadi profesional dalam bidang kesehatan masyarakat untuk dapat membagikan ilmunya melalui kegiatan talkshow.

Beberapa acara kesehatan yang diselenggarakan pada puncak Dies Natalis ke-58 ini antara lain, fun walk dan poundfit yang bertujuan untuk mendorong aktivitas fisik bagi peserta; screening kesehatan dan pemeriksaan gigi untuk mendeteksi risiko penyakit; donor darah, yang bertujuan untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup untuk kebutuhan medis, serta berbagi wawasan melalui talkshow ER Challenge atau Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana yang merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

“Semoga FKM UI semakin unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan serta terus menjadi mitra pemerintah dalan menyukseskan transformasi sistem kesehatan demi menyongosng Indonesia Emas 2045,” tutur Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, memberikan apresiasi kepada FKM UI melalui sambutannya secara virtual, atas kontribusi FKM UI bermitra dengan pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

“Semakin bertambah usia, kami berharap FKM akan semakin memberikan makna dan manfaat bagi masyarakat. FKM itu selayaknya rumah gadang, yang merupakan perlambang kehadiran satu kaum dalam satu negeri sebagai pusat kehidupan dan kerukunan, sebagai tempat bermusyawarah, bahkan sebagai tempat merawat anggota keluarga yang sakit. Pada usianya yang ke-58 ini kami berharap eksistensi FKM UI semakin berarti, semakin berkibar dan semakin luas memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat,” tutur Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., dalam sambutan pembukaan Puncak Dies FKM UI ke-58 di Balairung UI.

Selain acara yang berfokus pada kesehatan, ada pula berbagai kegiatan lain dalam acara puncak ini, antara lain job fair dan seminar karir, bazar, Got Talent, serta penampilan seni dari Tetranesa FKM UI dan Band Chandra and Friends yang terdiri dari para-Guru Besar dan dosen FKM UI.

Acara-acara tersebut dapat terselenggara dengan dukungan dari berbagai pihak seperti RS Mayapada, PT PP, Ancol, Hydrococo, Pertagas, Baker Huges, Paragon, Le Minerale, RS Melia, Mandiri Maha, Waskita, Wika, D’ ninis, One Ject, BJB, BIOFARMA. Serta medical dan media partner RSUI dan Brawijaya Hospital Depok. (wrk)

Leave a Reply