FKM UI Kembali Selenggarakan Audit Mutu Internal Terintegrasi untuk ISO 9001:2015 dan ISO 37001:2016

Pusat Administrasi Fakultas (PAF) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) kembali menjalankan agenda tahunan Audit Mutu Internal (AMI) untuk pemeliharaan pemberlakuan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016.  Pelaksanaan Audit Mutu Internal ini berlangsung pada Senin-Selasa, 25 – 26 September 2023, secara luring di bawah Koordinasi Subunit Penjamin Mutu Non-Akademik FKM UI dan diikuti oleh seluruh unit kerja dibawah manajemen Dekanat FKM UI.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FKM UI, Dr. Milla Herdayati, S.K.M., M.Si., dalam sambutan pada opening meeting menyampaikan bahwa kegiatan AMI ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi visi-misi fakultas. “Penjaminan mutu akademik dan non akademik harus sejalan, berjalan secara beriringan. Peran dari penjaminan mutu non akademik dari semua unit ini berguna untuk mendukung tercapainya pencapaian mutu akademik yang baik,” tutur Dr. Milla.

Pelaksanaan AMI dilakukan dengan audit kepada tiap unit kerja secara bergantian. AMI dilaksanakan dengan melakukan audit berdasarkan klausul. Pemilihan klausul terutama untuk ISO 37001:2016 diambil dengan mempertimbangkan pelaksanaan POB yang paling banyak berhadapan dengan pihak eksternal serta diidentifikasi rawan dengan risiko tindak penyuapan. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya menyelaraskan AMI dengan tujuan FKM UI yang tengah mengikuti pembangunan Zona Integritas, dimana Zona Integritas salah satunya berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan serta pelaksanaan birokrasi yang bersih dalam melayani kepada pelanggan.

Agenda AMI ditutup dengan closing meeting pada hari kedua yang memaparkan secara singkat ringkasan hasil AMI oleh masing-masing auditor. Pada closing meeting hadir Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKM UI, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc. “Melalui AMI ini kita dapat melihat masalah yang tidak dapat kita lihat sendiri, dalam unit sendiri, namun dapat dilihat oleh orang lain dalam hal ini para-auditor internal. Dengan itu, kita akan sama-sama menemukan permasalahan yang nantinya juga akan kita cari solusinya bersama,” tutur Dr. Asih. Hasil dari AMI ini akan ditindak lanjuti dalam Rapat Tinjauan Manajemen yang menurut rencana diagendakan pada 25 Oktober 2023. (wrk)

Leave a Reply