Departemen PKIP FKM UI Menghadirkan Pembicara dari UNSW dalam Workshop Qualitative Systematic Review

Senin, 3 Februari 2020,  Departemen Pendidikan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menyelenggarakan Workshop Systematic Review yang menghadirkan Dr. Husna dari University of New South Wales (UNSW) sebagai narasumber. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Prof. dr. Asri C. Adisasmita, MPH, M.Phil, Ph.D., di Ruang Guru Besar Gedung G FKM UI, Kampus UI Depok.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian khususnya systematic review dan synthesis of qualitative study. Workshop ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi pemaparan materi, sesi group activity dan sesi tanya jawab. Pada sesi pemaparan materi Dr. Husna memaparkan materi yang bertajuk Introduction to Qualitative Systematic Review, setelah itu dilanjutkan dengan materi Developing a Protocol. Pada sesi group  activity peserta dibagi menjadi empat kelompok, kemudian mereka berdiskusi untuk mengembangkan kerangka protokol. Diakhir sesi group activity, semua kelompok mempresentasikan hasil kerangka protokol yang telah dibuat oleh kelompok, kemudian Dr. Husna memberikan tanggapan terkait pilihan literatur dan kriteria inklusi pada masing-masing kerangka protokol.

Perserta dalam kegiatan ini adalah para staf pengajar Departemen Pendidikan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM UI, mahasiswa S2 dan Mahasiswa S3. Melalui workshop ini, Dr. Husna berharap peserta mampu melakukan penelitian kualitatif dengan systematic review, membuat publikasi ilmiah dan menggunakan keterampilan mereka untuk mencoba mencari teori atau model baru melalui penelitian. (USW)