Kebersamaan Keluarga Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI pada Rangkaian Dies Natalis FKM UI ke 53

Tahun 2018 ini FKM UI menginjak usia ke 53 tahun. Memperingati usia ke 53 FKM UI menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika dan warga FKM UI. Rangkaian kemeriahan Dies Natalis diawali pada 17 Juli 2018 dengan aneka lomba olah raga baik olah raga individual maupun olah raga kelompok yaitu bola voli, futsal, tenis meja dan bulu tangkis. Aneka lomba olahraga menjadi kegiatan rutin dalam membuka rangkaian Dies Natalis FKM UI.

Kamis 26 Juli 2018, rangkaian kegiatan memeriahkan Dies dilanjutkan dengan senam sehat bersama, lomba masak mie sehat serta pentas musik dari dan untuk keluarga besar FKM UI. Dimulai pada jam 06.00 acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan FKM UI dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D yang mengajak semua pihak di FKM UI untuk menerapkan gerakan hidup sehat mulai dari kampus..” Diluar kita minta giat mendorong masyarakat untuk menerapkan germas germas…tapi kita sendiri tidak boleh lupa bahwa yang kita minta orang lain untuk melakukan harus dimulai dari diri kita untuk melakukannya terlebih dahulu sehingga kita semakin sehat, bahagia dan produktif”.

Seusai senam bersama acara dilanjutkan dengan santap pagi bersama dengan menu sarapan yang mengangkat kearifan lokal dan sehat berupa rebus-rebusan umbi, kacang-kacangan, olahan singkong  dan bubur kacang hijau. Acara sarapan pagi bersama dilanjutkan dengan lomba masak mie sehat yang diikuti oleh grup dari unit kerja, departemen, dan kelompok mahasiswa. Rangkaian acara kabersamaan hari ini diakhiri dengan suguhan musik berupa band yang menampilkan staf pengajar, mahasiswa, alumni, staf kependidikan dan staf outsourching yang berganti-ganti mempersembahkan penampilan terbaiknya memeriahkan rangkaian dies yang tahun ini mengusung tema “Mari Terapkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) di Lingkungan FKM UI”

Melengkapi rangkaian puncak acara Dies Natalis, tak lupa diselenggarakan lomba mancing keluarga besar FKM UI di kolam pemancingan Kabeda Depok pada hari MInggu 29 Juli 2018.

Rangkaian acara masih akan berlangsung pada 7 Juli 2018 dengan puncak acara yang akan ditandai dengan penyelenggaraan orasi ilmiah dan Round Table Discussion.

PUNCAK ACARA RANGKAIAN DIES NATALIS FKM UI ke 53

Hari Selasa 7 Agustus 2018 dipilih sebagai puncak penyelenggaraan rangkaian acara Dies Natalis FKM UI ke 53. Berlangsung di Aula Gadung A FKM UI, rangkaian acara puncak diawali dengan orasi ilmiah oleh Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, Ph.D bertema “ Menyeimbangkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat dan Pelayanan Kesehatan Perorangan”. Orasi ilmiah dihadiri para guru besar FKM UI, pimpinan fakultas-faluktas se universitas Indonesia, seluruh unsur sivitas akademika, warga dan staf purnabakti FKM UI.

Membuka acara, Dekan FKM UI dalam sambutannya mengajak semua pihak di FKM UI untuk berani menjawab tantangan internasionalisasi yang saat ini semakin deras dan menjadi tantangan yang harus dijawab. Selain tantangan internasionalisasi Dekan mengajak sivitas FKM UI di setiap jenjang agar rela menjalani 1 sesi kuliah setiap minggunya di Gedung Mochtar Salemba. “Ada alasan emosional mengapa kita perlu mempertahankan Gedung Mochtar, karena dari tempat itulah awal mula Fakultas Kesehatan Masyarakat UI menjalani aktivitasnya pada masa masa awal berdirinya “

Selain orasi ilmiah pada kesempatan yang sama dilangsungkan pula pemberian penghargaan kepada para staf FKM UI yang memasuki usia purnabakti, pemberian Beasiswa ILUNI serta pengumuman aneka lomba hasil dari acara kebersamaan yang telah terlaksana sebelumnya sejak 26 Juli 2018.

Diselingi ramah tamah santap siang bersama, seluruh rangkaian acara puncak Dies Natali FKM UI ke 53 ditutup dengan  Round Table Discussion “Gambaran Kesehatan Masyarakat 2028”. Round Table Discussion menghadirkan para panelis terdiri dari para mantan Dekan dan para staf pengajar mewakili 7 departemen dan 2 kelompok studi. RTD bertujuan untuk mengawali diskusi yang akan ditindak lanjuti FKM UI dalam mencipatakan road map bagi peran FKM UI di dunia kesehatan masyarakat  pada 10 tahun mendatang.

 

STAF FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UI CIPTAKAN APLIKASI PENGENDALI STOK LABORATORIUM

Nurina Vidya Ayuningtyas staf Laboratorium Kesehatan Lingkungan dan Eddy Affriansyah Kepala Unit Informasi Teknologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI berhasil menciptakan aplikasi untuk memfasilitasi inventarisasi atau pendataan bahan kimia di laboratorium-laboratorium di Faklutas Kesehatan Masyarakat UI. Aplikasi ini diberi nama “Cek Stok Tetangga” dan dibuat sebagai upaya kontrol terhadap pembelian dan penggunaan bahan kimia, serta upaya pembatasan limbah yang dihasilkan dari bahan kimia yang kadaluarsa. Sebelumnya, masing-masing laboratorium di lingkungan FKM UI telah memiliki sistem inventaris bahan kimia berbasis excel, tetapi tidak dapat diakses bebas oleh pengelola laboratorium yang bukan pemilik bahan kimia tersebut.

Ketidaktahuan akan kepemilikan bahan kimia oleh pengelola laboratorium tetangga dapat menyebabkan masing-masing pengelola laboratorium yang ada di lingkungan FKM UI membeli bahan kimia yang dibutuhkan padahal mungkin laboratorium lain telah memiliki bahan kimia tersebut. Kondisi ini mengakibatkan pembelian berulang untuk satu jenis bahan kimia di lingkungan FKM UI dan anggaran yang dihabiskan FKM UI dalam pembelian satu jenis bahan kimia menjadi 3x lipat.

Terbentuknya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengelola laboratorium dalam pendataan kepemilikan bahan kimia, efisiensi anggaran untuk FKM UI dalam hal pembelian dan pemusnahan limbah, serta secara tidak langsung dapat ikut berkontribusi dalam mewujudkan praktik Green Metric dalam hal minimalisasi jumlah limbah. Di masa mendatang, harapan terbentuknya aplikasi ini dapat menggalang kerja sama lintas fakultas dalam inventaris bahan kimia yang dapat digunakan bersama untuk pengendalian jumlah bahan kimia kadaluarsa.

 

APLIKASI “CEK STOK TETANGGA” KARYA STAF FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UI JUARA 1 DIKTENDIK AWARD

Aplikasi “Cek Stok Tetangga” karya 2 orang staf kependidikan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Nurina Vidya Ayuningtyas dan Eddy Afriansyah berhasil memenangi juara 1 Tenaga Kependidikan Berinovasi Kategori Kelompok Bidang Umum Diktendik Award UI tahun 2018.

Nurina dan Eddy berkolaborasi menghasilkan aplikasi yang akan berfungsi membantu para pengelola laboratorium di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dalam pendataan kepemilikan bahan kimia, upaya pembatasan limbah yang dihasilkan dari bahan kimia yang kadaluarsa, efisiensi anggaran untuk FKM UI dalam hal pembelian dan pemusnahan limbah, serta secara tidak langsung dapat ikut berkontribusi dalam mewujudkan praktik Green Metric dalam hal minimalisasi jumlah limbah.

Penganugerahan Diktendik Award berlangsung di ruang Apung Kampus UI Depok pada Rabu tanggal 31 Juli 2018. Diktendik Award sendiri merupakan agenda tahunan yang menyeleksi karya-karya inovasi yang dihasilkan oleh staf pengajar maupun tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Indonesia.