Depok, 15 Oktober 2025 – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) sebagai bagian dari siklus penjaminan mutu internal dan evaluasi berkelanjutan terhadap seluruh kegiatan dan layanan pusat administrasi fakultas.
Kegiatan yang berlangsung di Gedung A RIK lantai 2 ini dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, para manajer, dan seluruh koordinator subunit kerja. RTM dipimpin langsung oleh Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam setiap aspek tata kelola.
“Kita sepakat untuk terus mengawal semangat menjaga kualitas dan proses pembelajaran, karena kita bertanggung jawab mengestafetkan seluruh proses bisnis kepada pimpinan baru mendatang dalam keadaan yang terbaik. RTM ini merupakan persiapan re-akreditasi berikutnya untuk ISO SMAP 37001:2016 dan surveilens ISO SMM 9001;2015. ISO SMAP 37001 yang telah diperoleh FKM, merupakan satu satunya sertifikasi yang dimiliki fakultas di lingkungan UI. Kita ingat demikian peliknya hal-hal yang mesti dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi ini. Walaupun tidak terlihat dari luar, sertifikasi ini merupakan pijakan yang kokoh untuk kita menjalankan pelayanan yang bersih dan berintegritas. Kita berkomitmen menjaga standar, semoga semakin tercerahkan, semakin memahami dan memperbaiki sehingga selalu menghasilkan yang terbaik. Mari sama sama kita menjalani dengan semangat,” tutur Prof. Mondastri.
RTM diawali dengan paparan oleh Koordinator Unit Penjaminan Mutu Non Akademik mengenai hasil audit internal yang telah berlangsung pada September lalu. Pembahasan menyeluruh pada RTM kali ini meliputi status tindak lanjut dari hasil Rapat Tinjauan Manajemen tahun sebelumnya, perubahan isu-isu eksternal dan internal (konteks organisasi) yang terkait dengan sistem manajemen terintegrasi. Selain itu dipaparkan serta didiskusikan pula hasil survei kepuasan pelayanan dan keluhan/pengaduan dari pihak-pihak terkait, pencapaian dan monitoring sasaran mutu; kinerja proses dan kesesuaian output pelayanan; ketidaksesuaian dan tindakan korektif; hasil pemantauan dan pengukuran; hasil audit (audit internal maupun audit eksternal); kinerja penyedia barang/jasa eksternal; laporan penyuapan (gratifikasi dan dugaan pelanggaran), penyelidikan (gratifikasi dan dugaan pelanggaran); serta identifikasi dan tingkat risiko penyuapan yang dihadapi oleh FKM UI.
Selain itu, didiskusikan pula area kecukupan sumber daya (SDM, sarana dan prasarana); efektivitas pengendalian risiko dan peluang (baik risiko layanan maupun penyuapan); serta peluang untuk peningkatan berkelanjutan dari sistem manajemen terintegrasi. Selain menyoroti kepatuhan pada sistem yang telah dibentuk dan disepakati, pada rapat ini juga dipaparkan hasil survey pelayanan oleh Sekretaris Fakultas.
“Melalui RTM, kita belajar untuk tidak hanya bekerja keras, tetapi juga bekerja dengan arah yang terukur dan terstandar,” tutur salah satu peserta rapat yang mewakili unit layanan. (sf)