FKM UI Adakan Sosialisasi Buku Saku Nilai-Nilai UI Bagi Staf Kependidikan FKM UI

Kamis, 8 Oktober 2020, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengadakan Sosialisasi Buku Saku Nilai-Nilai Universitas Indonesia (UI). Kegiatan ini diadakan secara daring melalui aplikasi video telekonferensi dan difasilitasi oleh Tim Agen Perubahan yaitu Dr. Milla Herdayati, Dr. Budi Hartono dan Dr. Evi Martha.

Pembuatan dan sosialisasi buku saku Nilai-nilai UI merupakan tindak lanjut dari penunjukkan FKM UI yang dipilih sebagai fakultas percontohan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sebagai salah satu lembaga Pembangunan Zona Integritas Perguruan Tinggi Negeri oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud). Pembentukan zona integritas dan penunjukkan FKM UI sebagai fakultas percontohan menuju WBK dan WBBM adalah salah satu upaya dari pemerintah dalam mencapai tata kelola perguruan tinggi yang baik, bersih dan terbebas dari KKN.

Buku Saku Nilai-nilai UI dibuat khusus guna mempertegas aturan mengenai apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan bagi para dosen, tenga kependidikan dan mahasiswa. Selain itu, buku saku ini juga dibuat untuk menumbuhkan budaya dan menularkan semangat bagi para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa atas tindak lanjut dari ditunjuknya FKM UI sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Semua berperan dalam menuju WBK dan WBBM yang menjadi tujuan bersama. Harapannya dengan buku saku ini semua elemen terutama dosen dan tenaga kependidikan bisa memaknai lebih dalam mengenal 9 nilai UI dalam mencapai WBK dan WBBM,” ungkap Doktor Budi.

Sebagai tambahan, Doktor Budi juga mengatakan bahwa penting bagi para tenaga kependidikan FKM UI menjalankan poin-poin 9 nilai UI yang terdapat dalam buku saku tersebut. Adapun yang menjadi 9 nilai UI adalah kejujuran, keadilan, keterpercayaan, tanggung jawab, kebersamaan, keterbukaan, kebebasan akademik, dan kepatuhan terhadap aturan. Diharapkan dengan adanya buku saku ini, kesembilan nilai tersebut dapat dimaknai dan diimplementasikan salah satunya bagi para tenaga kependidikan pada setiap kegiatan yang dijalankan di FKM UI. (MFH)