Halal bi Halal KARS FKM UI, Semangat Idul Fitri Kuatkan Persaudaraan dan Energi di Masa Pandemi

Masih dalam suasana lebaran, Program Studi Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit (KARS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengadakan Halal bi Halal dengan tema ‘Semangat Idul Fitri Kuatkan Persaudaraan dan Energi di Masa Pandemi’ pada 30 Mei 2021.

Ketua Program Studi Magister KARS, Dr. Ede Surya Darmawan, SKM, MDM memberikan sambutannya pada acara kali ini.

“Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri untuk kita semua. Pada acara ini, tak hanya tausiyah, panitia juga sudah menyiapkan seminar yang bisa diikuti oleh keluarga besar FKM UI, khususnya Prodi KARS,“ ujar Doktor Ede.

Pj. Dekan FKM UI, Prof. Dr. dr. Sabarinah, M.Sc. yang turut hadir memberikan sambutan menyambut baik kegiatan yang dinisiasi oleh para mahasiswa KARS angkatan 2020 ini.

“Acara ini dikemas dengan sangat menarik membawa tema ‘sinergi’. Hal ini lah yang bisa kita jadikan semangat dalam silaturahmi untuk meningkatkan diri dan berkolaborasi. Apresiasi juga untuk panitia, narasumber, dan pembahas yang ikut berpartisipasi pada acara Halal bi Halal kali ini,“ ujar Prof. Sabarinah.

Dr. dr. Duta Liana, MARS, FISQua, Technical Expert Strategic Advisor Pertamedika IHC, yang hadir sebagai pembicara menyampaikan beberapa hal penting mengenai service excellence.

“Kepemimpinan berperan penting dalam menciptakan service excellence sebagai budaya. Selain itu, apabila aspek kepemimpinan sudah dilakukan dengan baik oleh pemimpin di rumah sakit maka hal tersebut dapat digunakan sebagai employee engagement untuk melihat loyalitas mereka,” terang Doktor Liana.

Lebih lanjut, Ir. Rudy Setyopurnomo, MM, MPA, MSM, CEO EQUITEK, menyampaikan bahwa EBITDA dapat digunakan sebagai bentuk penerapan pelayanan rumah sakit yang efektif.

“Penggunaan EBITDA daily control dapat berperan dalam mengembangkan efisiensi, efektivitas, dan keuntungan dari pengelolaan rumah sakit,” terang Doktor Rudy.

Doktor Rudy menjelaskan bahwa EBITDA adalah indikator efisiensi dan produktivitas manajemen. Dalam operasional rumah sakit, EBITDA mengendalikan indirect operating cost dan hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama seluruh manajemen.

Pada sesi pembahasan, Guru Besar FKM UI, Prof. Amal Chalik Sjaaf, SKM, Dr.PH dan Ketua Umum IKAMARS FKM UI, dr. Hariyadi Wibowo, SH., MARS hadir mengkritisi bahasan dari para narasumber.

Terakhir, acara diisi oleh tausiyah dan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman SpS. M.Kes.

“Sebagai ahli kesehatan yang bekerja di rumah sakit, kita harus tahu bahwa kita tidak hanya bekerja sesuai kompetensi yang kita miliki melainkan untuk beribadah, berdakwah, dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan,” jelas Dokter Agus.

Selain sebagai sarana silaturahmi, diharapkan acara kali ini dapat menambah pengetahuan bagi para peserta yang hadir di Halal bi Halal yang berlangsung dengan khidmat meski diselenggarakan di tengah pandemi. (MFH)