Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, FKM UI Selenggarkan Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Seluruh Tenaga Kependidikan

Menuju pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi FKM UI menyelenggarakan pelatihan Pelayanan Prima bagi seluruh staf kependidikan dengan tema “Wujudkan Pelayanan Prima Menuju FKM Berintegritas”.  Pelatihan berlangsung pada 26 dan 27 Agustus 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 102 staf kependidikan. Pelatihan berlangsung secara virtual dengan media telekonferensi zoom meeting. Kegiatan pelatihan terbagi dalam 2 kegiatan utama yaitu pembekalan dan peluncuran motto layanan FKM UI, #fkmuiSEHAT dan internalisasi serta praktek pelayanan prima.

Hadir dalam agenda hari pertama pelatihan prima adalah Pj. Dekan FKMU, Direktur SDM UI, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Kepala Pusdiklat Kemendikbud, para Ketua Departemen dan Ketua Program Studi, dan tim narasumber dari Program Vokasi UI.

Pj. Dekan FKM UI, Prof. Dr. dr. Sabarinah, M.Sc., dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa “Inti pelayanan prima sebetulnya adalah berbuat baik untuk orang lain dan untuk kemaslahatan banyak orang. Semestinya menjadi sebuah landasan yang inheren menjadi nilai kita, tidak terbatas pada kondisi karena kita tengah mengikuti pembangunan Zona Integritas. Namun memang, pelayanan prima akan banyak dipengaruhi oleh konteks sosial, budaya dan juga atmosfer kerja. Sehingga penting untuk dilakukan refreshing pada waktu-waktu yang diperlukan.”

Untuk memperkaya dan memberikan sharing best practice dari pihak diluar UI, Dra. Sustyaningsih, M.Pd., dari Pusdiklat Kemendikbudristek membagikan pengalaman pusdiklat dalam membangung budaya pelayanan prima dalam pembangunan Zona Integritas. Membawakan topik “Pentingnya pelayanan prima di Perguruan Tinggi”, Dra. Susetyaningsih mengemukakan pentingnya memastikan apakah semua tugas sudah dilaksanakan secara ikhlas dan bahagia oleh pelaksananya dan apakah telah disiapkan panduan yang jelas pada layanan yang tersedia. Tak kalah penting adalah internalisasi maklumat pelayanan kepada seluruh pelaksana. Menurut Susetyawati pada dasarnya hasil penialaian yang baik tidak bisa diantisipasi dengan setting pada bagian tertentu, namun penilaian akan dilakukan pada semua lapisan pemberi layanan.

Dalam pelatihan ini pula diluncurkan motto pelayanan FKM UI yaitu #fkmuiSEHAT. Motto #fkmuiSEHAT adalah tekad FKM UI untuk memberikan pelayanan yang SEHAT,  akronim dari S: Santun melayani sepenuh hati; E: Efektif, efisien dan transparan, H: Humanis, mematuhi prinsip kesetaraan dan keadilan, A : Aktif melayani dan memberikan solusi; T: Tanggap merespon keluhan. Dalam 2 hari pelatihan ini, diharapkan slogan ini dapat terinternaliasi dengan baik dan menjadi semangat baru dalam peningkatan pelayanan di FKM UI.

Pada sesi penutup hari pertama, Direktur SDM UI, Dr. Abdillah Ahsan memberikan wawasan tentang pentingnya membangun dan memegang nilai-nilai dalam pelayanan serta menanamkan dalam diri bahwa bekerja untuk membantu. Universitas Indonesia telah mengembangkan 9 nilai UI yaitu: Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung jawab dan Akuntabilitas, Kebersamaan, Keterbukaan, Kebebasan akademik, dan Kepatuhan pada aturan. Dr. Abdillah lebih lanjut juga memberikan motivasi tentang pentingnya sesorang untuk selalu berprogres, dengan apapun kondisi yang dihadapi.

Agenda hari kedua pelatihan diawali dengan refreshing konsep layanan prima dalam penerapan 9 nilai UI oleh Kasubdit Perencanaan, Penempatan dan Pengembangan SDM UI, Yasinta Esterina, M.Si dan paparan Strategi dan implementasi pelayanan prima oleh tim dari Vokasi UI yang terdiri dari Rezi A. Soripada, S.A., M.Si., yang khusus menyampaikan tentang “Paradigma Baru Pelayanan Prima di Era New Normal”, Dhinny Anjung Sari, S.E., M.M., yang menyampaikan tentang “Etika Pelayanan Prima”, serta Mila Viendyasari, S.Sos., M.Si., CHCM yang menyampaikan materi terkait “Penerapan Pola Pikir Digital dalam Pelayanan Prima”. Agenda utama pada hari kedua diisi dengan praktik, diskusi dan simulasi layanan dan komitmen tindak lanjut.

Melalui pelatihan ini, diharapkan seluruh pelaksana pelayanan di FKM UI dapat menghasilkan layanan yang prima pagi pelanggan tentunya dengan melaksanakan motto FKM UI SEHAT.