FKM UI Selenggarakan Workshop Penulisan Ilmiah: Persiapan dan Penyusunan Manuskrip Untuk Jurnal Internasional Bereputasi

Pada Kamis, 23 September 2021, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan workshop penulisan ilmiah dengan tajuk Workshop Penulisan Ilmiah: Persiapan dan Penyusunan Manuskrip Untuk Jurnal Internasional Bereputasi. Diselenggarakan melalui platform zoom, seminar ini diikuti oleh mahasiswa S-2 dan S-3 FKM UI.

Workshop dimulai dengan pembukaan dan perkenalan pembicara oleh Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FKM UI, Doni Hikmat Ramdhan, SKM, M.KKK, Ph.D. Kegiatan workshop penulisan ilmiah ini dilatarbelakangi pada kurikulum perkuliahan yang menuntut mahasiswa S-2 dan S-3 khususnya untuk memiliki penelitian yang dipublikasikan secara internasional sebagai syarat kelulusan.

Selanjutnya, materi workshop disampaikan oleh Helen Andriani, S.Si., M.Sc., Ph.D, Dosen Departemen AKK FKM UI. Materi yang disampaikan mencakup 6 bagian utama yaitu: cara mendapatkan ide menulis dan tips IMRad (Introduction, Method, Result and Discussion), tools atau aplikasi untuk publikasi ke jurnal internasional bereputasi, hal yang harus disiapkan sebelum submit naskah, cara submit naskah ke jurnal internasional bereputasi, cara mencari daftar jurnal gratis atau jurnal bebas APC (Article Processing Charge), serta strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi di bidang kesehatan.

“Terdapat empat alasan utama yang paling sering ditemui dimana membuat sebagian besar penulis terhambat untuk mempersiapkan manuskrip yang akan disubmit di jurnal internasional bereputasi yaitu keterbatasan waktu, lingkungan yang kurang mendukung, mindset bahwa hal ini terlalu sulit, dan biaya yang tidak murah” ujar Dr. Helen. Lebih lanjut, Dr. Helen menyampaikan bahwa penulis harus memiliki keberanian untuk melakukan submisi artikel ke jurnal internasional. Selain itu, disampaikan pula pengalaman narasumber dalam mempersiapkan dan menyusun manuskrip untuk jurnal internasional bereputasi di bidang kesehatan.

Melalui workshop ini diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan terkait penulisan ilmiah pada jurnal bereputasi internasional dan menjadi salah satu awal untuk bisa saling berkolaborasi, bekerjasama, dan berdiskusi dalam pengembangan riset terutama untuk publikasi di bidang keilmuan masing-masing. (YOL)