Program Studi Sarjana Reguler Gizi FKM UI Raih Akreditasi Unggul dari LAM-PTKes

Pada Senin, 10 Januari 2022, Program Studi Sarjana Reguler Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) memperoleh hasil akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Hasil akreditasi tersebut tertuang dalam SK Nomor 0699/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2021 yang resmi berlaku mulai bulan Desember tahun 2021.

Capaian hasil peringkat akreditasi tersebut didapatkan dengan melakukan berbagai rangkaian penilaian program studi. FKM UI sebagai pihak Unit Pengelola Program Studi (UPPS) telah melakukan beberapa kegiatan penilaian dengan mengikuti kriteria dan prosedur akreditasi program studi kesehatan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Kegiatan yang dilakukan antara lain seperti proses administrasi, proses asesmen, dan proses validasi. Setiap proses dari kegiatan tersebut berisi ketentuan yang berhasil dipenuhi FKM UI dengan baik, diantaranya pengisian borang akreditasi dan proses Asesmen Lapangan Daring (ALD) yang dilakukan pada 22-24 Desember 2021 lalu dengan dua asesor yakni Dr. Ir. Annis Catur Adi, M.Si dari Universitas Airlangga, Surabaya dan  Prof. Dr. Nurdin Rahman, M.Si, M.Kes dari Universitas Tadulako, Palu.

Koordinator UPMA FKM UI, Dian Wulandari, menuturkan bahwa proses penilaian dalam ALD ini mencakup 9 elemen dalam borang akreditasi program studi yaitu visi, misi, tujuan dan strategi; tata pamong, tata kelola dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rangkaian kegiatan akreditasi dilakukan melalui tim khusus yang telah disiapkan dan beranggotakan para pimpinan FKM UI, tim penjaminan mutu FKM UI, pihak Departemen Gizi, ketua program studi, hingga dosen dari Departemen Gizi.

Proses akreditasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan FKM UI dalam menjaga kualitas mutu akademik fakultas. Perolehan peringkat akreditasi unggul ini menjadi salah satu capaian penting bagi FKM UI di awal tahun 2022 untuk terus menjaga kualitas mutu pendidikan dan pengajaran yang ada. (wrk)