Tiga Prodi FKM UI Siap Jalani Akreditasi Internasional dari AHPGS

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) bersama dengan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) tengah bersiap menjalani akreditasi internasional. Akreditasi Internasional akan dilakukan oleh AHPGS (Akkreditierungsagentur im Bereich Gesundheit und Soziales – Accreditation Agency in Health and Social Sciences). AHPGS merupakan salah satu lembaga akreditasi yang diakui dalam perjanjian internasional sehingga juga diakui oleh Kemendikbud-Ristek RI.

Dari FKM UI, program studi yang akan mengikuti akreditasi AHPGS adalah Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit. Sementara dari Fakultas Ilmu Keperawatan, program studi yang akan menjalani akreditasi yang sama adalah Program Studi Sarjana Keperawatan.

Akreditasi internasional merupakan bagian penting dalam pengelolaan pendidikan tinggi, dimana Kemendikbudristek mendukung prodi untuk memperoleh rekognisi internasional, terutama untuk prodi yang telah mendapatkan akreditasi A/unggul. Pengakuan internasional menghasilkan berbagai keuntungan pagi perguruan tinggi seperti mempermudah mobilitas lulusan untukĀ  dapat bersaing di pasar kerja global, membuka mobilitas staf dan lulusan ke seluruh dunia, dan meningkatkan peluang kerjasama pendidikan serta penelitian di ranah internasional.

Persiapan akreditasi AHPGS menjadi koordinasi antara Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) Universitas Indonesia, FKM dan FIK. Koordinasi yang telah dilakukan antara BPMA dan fakultas adalah mulai dari teknis penyusunan borang, pendanaan pendaftaran, administrasi keuangan, hingga kebutuhan pemenuhan data khususnya data dari universitas. Keempat prodi yang akan mengikuti akreditasi AHPGS telah memenuhi borang akreditasi dari AHPGS berupa Self Evaluation Report (SER) yang telah disubmit pada bulan Agustus 2021. Saat ini proses akreditasi telah sampai pada tahap review borang oleh tim expert AHPGS.

Pada Kamis, 24 Maret 2022 telah berlangsung pula pertemuan yang mendiskusikan teknis onsite visit AHPGS pada prodi terkait. Onsite visit direncanakan akan berlangsung pada bulan Oktober 2022. Pertemuan yang berlangsung secara virtual dihadiri Managing Director AHPGS, Georg Reschauer dan Lena Schnell, Dekan, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., dan tim kedekanan FKM UI, Dekan Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N., dan tim Kedekanan FIK UI, Kepala BPMA UI, Prof. Sri Hartati D. Reksodiputro Suradijono, Ph.D., dan tim, serta para Ketua Prodi yang akan menjalani akreditasi. (sfc)